Gourmetamigurumi.com – Macam macam gaya renang. Renang menjadi salah satu aktivitas olahraga yang paling banyak di sukai. Selain menyenangkan, renang juga terbukti mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar dan relaks. Ada banyak manfaat baik untuk kesehatan saat kamu melakukan aktivitas olahraga berenang. Terlebih lagi olahraga berenang juga mampu memperbaiki postur tubuh sekaligus membuat jantung menjadi lebih sehat.

Sebagai informasi tambahan, olahraga merupakan aktivitas olahraga yang membuat pergerakan tubuh secara keseluruhan. Tergolong baik di lakukan untuk semua tingkatan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan juga untuk ibu hamil.

Nah jika kamu adalah pemula, penting untuk mengetahui apa saja gaya renang dan cara mempraktekkannya. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai macam-macam gaya renang. Berikut ulasannya !

Macam-macam gaya renang beserta tekniknya

1. Gaya Bebas

macam macam gaya renang

Merupakan salah satu gaya renang yang palaing banyak di sukai. Di mana sesuai dengan namanya, renang gaya bebas menggunakan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan badan. Selain itu meskipun gaya bebas, namun gaya renang satu ini tetap memiliki aturan seperti posisi badan yang harus berada di permukaan air. Kemudian tangan di haruskan untuk mengayuh kedapan dan kaki menendang sekaligus melakukan gerakan seperti menggunting.

Sedangkan untuk teknik pernapasannya di lakukan saat tangan di angkat keatas untuk mengayuh kemudian kepala di gelengkan dengan serong ke kanan atau ke kiri. Setelahnya kamu bisa melakukan penarikan napas baik menggunakan mulut maupun hidung.

2. Gaya Dada

macam macam gaya renang

Gaya renang lainnya yang bisa tidak kalah populer adalah gaya Dada. Di mana teknik ini hampir serupa dengan katak saat berenang. Selain itu gaya renang yang satu ini bisa di jadikan latihan yang bagus untuk pemula. Jika kamu ingin berenang santai, gaya dada ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk bisa di pilih.

Selain itu dari segi kecepatan, gaya dada terbilang lebih rendah jika di bandingkan dengan gaya bebas. Di mana pada teknik ini menggunakan kekuatan di tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan. Selain itu pada renang gaya dada juga di perlukan kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala berada di atas dan melakukan pernapasan.

3. Gaya Kupu-Kupu

macam macam gaya renang

Teknik gaya renang lainnya yang sering di gunakan adalah kupu-kupu. Di mana gaya kupu-kupu sendiri seringkali disebut dengan gaya lumba-lumba. Selain itu renang gaya ini juga merupakan teknik renang yang di dapatkan dari pengembangan gaya dada.

Teknik dasar yang harus di miliki dari teknik gaya kupu-kupu adalah kekuatan lengan. Di mana gaya kupu-kupu memusatkan semua kekuatannya pada lengan. Sedangkan untuk gerakannya sendiri serupa dengan lumba-lumba yang masuk dalam air untuk kemudian keluar saat tangan di dorong kebawah dan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan.

Sebagai informasi tambahan, kecepatan teknik gaya kupu-kupu terbilang lebih cepat daripada gaya bebas. Hanya saja untuk melakukannya maka kamu harus menggunakan tenaga yang lebih besar.

4. Gaya Punggung

macam macam gaya renang

Merupakan teknik renang yang posisinya terlentang melihat keatas dan punggung berada di permukaan air. Selain itu untuk gerakan kaki dan tangan pada gaya punggung sendiri hampir sama dengan gaya bebas namun dengan arah yang berlawanan. Sedangkan pada teknik pengambilan napas dari gaya punggung sendiri bisa dilakukan kapanpun. Hal ini dikarenakan wajah berada di atas air dan menghadap keatas.

Renang gaya punggung bermanfaat untuk melatih otot punggung dan lengan.

Demikian beberapa macam gaya renang yang harus kamu ketahui. Melakukan aktivitas berenang adalah aktivitas olahraga yang cukup membakar kalori berlebih.

Baca Juga :

***