Gourmetamigurumi.com – Perbedaan IELTS dan TOEFL. Dalam beberapa sesi pendaftaran seperti melamar pekerjaan atau berkuliah di luar negeri, biasanya di butuhkan sertifikat Toefl atau Ielts. Di mana keduanya adalah ujian bahasa Inggris yang di gunakan sebagai salah satu syarat dokumen pendaftaran.

Sertifikat Toefl dan Ielts sendiri di jadikan sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki baik dari segi membaca, berbicara, bahkan hingga menulis.

Lalu sebenarnya apa yang membedakan keduanya? Antara Toefl dan Ielts sendiri tentunya memiliki perbedaan. Meskipun keduanya sama-sama tes bahasa Inggris, berikut adalah perbedaan antara TOEFL dan IELTS.

perbedaan ielts dan toefl

Apa itu IELTS ?

IELTS Merupakan singkatan dari International English Language Testing System. Di mana biasanya tes IELTS sendiri di terima oleh beberapa institusi di Australia, Inggris, bahkan hingga Selandia Baru. Selain itu IELTS adalah tes bahasa Inggris yang di selenggarakan bersama dengan Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia. Oleh karena itu jangan heran jika tes IELTS biasanya menggunakan aksen bahasa Inggris Britania atau British.

Kemudian nantinya peserta tes IELTS di perbolehkan untuk memilih antara modul akademik atau modul umum. Di mana modul akademik biasanya di gunakan untuk mendaftar universitas sedangkan umum di gunakan untuk pengalaman kerja atau imigrasi.

Untuk skor dari tes IELTS menggunakan poin 0-9 yang kemudian akan di hitung rata-rata saat akhir yang juga dalam skala 0-9.

perbedaan ielts dan toefl

Yang membuat IELTS berbeda dengan TOEFL adalah tes IELTS akan di jawab dengan tulisan tangan. Di mana terdapat 4 bagian yang akan di jadikan bahan tes yakni Writting, Listening, Speaking, dan Reading.

Pada bagian Speaking, peserta akan di minta untuk berbicara dengan penguji dalam durasi waktu sekitar 12 hingga 14 menit. Di mana peserta akan ditanyakan beberapa pertanyaan tentang diri sendiri dan sebuah topik. Sebagai informasi tambahan, tes IELTS membutuhkan waktu sekitar 2 jam 45 menit dan terbilang lebih sebentar jika di bandingkan dengan TOEFL.

Apa itu TOEFL ?

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as Foreign Language. Jika IELTS menggunakan aksen British, TOEFL justru sebaliknya yakni menggunakan aksen Amerika. Di mana TOEFL sendiri di selenggarakan oleh ETS atau Educational Testing Service dari Amerika Serikat untuk semua peserta yang ada di seluruh dunia. Selain itu secara umum tes TOEFL juga menjadi syarat untuk pendaftaran universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

Tes TOEFL di bagi menjadi 2 tipe yakni TOEFL ITP dan TOEFL IBT. Di mana TOEFL ITP atau Institutional Testing Program digunakan di wiliayah Asia dengan skor yang bersifat institusi. Itu artinya hanya di gunakan untuk institusi lokal tertentu dan tidak berlaku di seluruh negara di dunia.

perbedaan ielts dan toefl

Sedangkan TOEFL IBT atau Internet Based Test memungkinkan peserta untuk merekam semua jawaban di komputer yang sudah terhubung ke internet. Sehingga nantinya semua jawaban akan dikirim langsung ke ETS.

TOEFL ITP terbagi menjadi 3 sesi ujian yakni Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Dengan nilai total maksimal pada TOEFL ITP cukup bervariasi mulai dari 500, 550, bahkan hingga 600. Kemudian untuk TOEFL IBT terdiri dari sesi Reading, Listening, Speaking, dan Writting. Dengan nilai TOEFL IBT maksimal adalah 120.

Waktu ujian tes TOEFL berlangsung lebih lama jika di bandingkan dengan IELTS yakni bisa mencapai hampir 4 jam.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan IELTS dan TOEFL beserta fungsinya yang harus kamu ketahui.

Baca Juga :

***