olahraga berlebihan

Kita semua tahu bahwa olahraga memiliki manfaat yang luar biasa, seperti membakar kalori, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan mood Anda. Bahkan olahraga telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Akan tetapi, olahraga berlebihan, dapat membuat Anda terkuras, dan lebih buruk lagi, pada risiko cedera.

Overtraining terjadi ketika seseorang melakukan terlalu banyak latihan fisik dengan sedikit istirahat dan pemulihan setelah latihan keras. Stres yang di timbulkan pada otot, persendian, dan tulang menyebabkan kelelahan dan nyeri yang pada akhirnya memengaruhi kinerja. Walaupun sindrom over-training paling sering terjadi pada atlet, itu tidak berarti saat ini banyak orang yang mendorong tubuh mereka bekerja terlalu keras.

Tubuh setiap orang berbeda, artinya setiap orang memiliki batasan yang berbeda dalam hal berolahraga. Mengetahui tubuh Anda dan apa yang di katakannya sangat penting untuk memastikan Anda tidak memaksakan diri terlalu keras. Berikut adalah beberapa gejala fisik dan pola gaya hidup yang harus d iperhatikan yang mungkin merupakan tanda Anda olahraga berlebihan.

Badan terasa pegal dan sakit

olahraga berlebihan pegal

Sakit setelah latihan bisa menjadi hal yang baik. Akan tetapi terkadang rasa sakit bisa menjadi tanda bahwa Anda sebenarnya terlalu memaksakan diri. Memang menyenangkan menjadi sedikit lelah. Tetapi Anda tidak boleh merasa seperti Anda tidak dapat menggerakkan satu bagian pun dari tubuh Anda.

Dan rasa sakit biasanya akan hilang dalam satu atau dua hari. Sakit yang berkepanjangan selama seminggu atau lebih adalah tanda bahwa Anda telah melakukan olahraga secara berlebihan. Sebagai pelatih kebugaran, saya sering melihat klien mencoba melakukan terlalu banyak hal terlalu cepat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan intensitas latihan sedikit demi sedikit lebih baik untuk tubuh Anda secara keseluruhan. Bahkan terbukti bahwa metode ini dapat meningkatkan kinerja latihan Anda dan membantu Anda mencapai tujuan latihan lebih cepat. Pedoman umum yang harus di ikuti saat meningkatkan intensitas Anda adalah memilih satu bagian dari latihan Anda di mana Anda ingin menaikkan taruhannya, apakah itu berat, repetisi, jarak atau waktu.

Selalu Ingin Berolahraga

Memilih olahraga sepanjang waktu daripada berkumpul bersama keluarga, kewajiban kerja, atau acara sosial secara konsisten adalah tanda-tanda bahwa Anda mungkin terlalu fokus pada olahraga. Ini tidak selalu buruk, tetapi jika Anda terobsesi dengan penjadwalan latihan berikutnya, Anda mungkin menuju kecanduan olahraga yang tidak sehat. Kuncinya adalah memastikan Anda menciptakan keseimbangan dalam hidup Anda.

Lebih baik berolahraga secara konsisten beberapa hari setiap minggu daripada memaksakan diri setiap hari. Jika Anda merasa bersalah atau cemas saat beristirahat, ingatkan diri And. Bahwa terlalu banyak hari olahraga dengan intensitas tinggi setiap minggu tidak akan membuat tubuh pulih dengan baik, dan Anda tidak akan berkembang secepat yang Anda bisa. Hari istirahat adalah bagian penting dari setiap rencana pelatihan.

Dehidrasi

dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyakit paling umum yang menyerang selama latihan dan, berpotensi, salah satu yang paling berbahaya. Berolahraga di cuaca yang panas dan lembab dapat meningkatkan resiko dehidrasi. Anda berisiko mengalami dehidrasi, yang terjadi ketika tubuh Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang Anda konsumsi.

Dan meskipun dehidrasi ringan biasanya dapat di tangani, dehidrasi yang sangat parah dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang berbahaya. Ketika suplai air tubuh mulai mengering, konsentrasi elektrolitnya meningkat. Dehidrasi serius dapat membuat tubuh Anda tampak memiliki elektrolit yang jauh lebih banyak daripada biasanya.

By Mita