Gourmetamigurumi.com – Manfaat baik dalam Minyak Zaitun untuk kesehatan. Minyak Zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sering di gunakan untuk beberapa hal. Minyak Zaitun atau yang biasa di sebut dengan olive oil memiliki banyak manfaat baik terutama untuk kesehatan. Terbuat dari ekstrak buah zaitun, minyak yang satu ini memiliki kandungan omega 6 dan asam lemak omega 3.

Lebih dari itu, kandungan lain yang ada dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang terkenal baik untuk kesehatan tubuh dan di percaya mampu mengurangi peradangan.

Nah untuk kamu yang bingung apa saja manfaat baik dalam minyak zaitun, simak beberapa ulasan di bawah ini !

manfaat minyak zaitun

Manfaat baik minyak zaitun untuk kesehatan tubuh

Ada banyak fungsi baik yang ada dalam minyak zaitun. Oleh karena itu tidak heran jika kamu menemukan minyak zaitun atau olive oil memiliki harga yang cenderung mahal. Berikut ini beberapa manfaat yang ada dalam minyak zaitun :

1. Mampu menurunkan kolesterol

Minyak zaitun memiliki manfaat baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkan pada bahan masakan atau di minum dengan campuran air panas. Campuran antioksidan yang ada dalam kandungan minyak zaitun mampu menurunkan kolesterol buruk atau LDL sekaligus mempertahankan kadar kolesterol baik atau HDL yang ada dalam tubuh.

2. Meminimalisir resiko penyakit jantung

Manfaat baik lainnya yang ada dalam minyak zaitun adalah untuk meminimalisir resiko penyakit jantung. Hal ini di karenakan minyak zaitun memiliki kandungan polifenol yang bisa mencegah terjadinya serangan jantung. Hanya saja kamu harus tetap mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga. Selain itu jangan lupa juga mengkonsumsi vitamin dan suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

manfaat minyak zaitun

3. Mampu mengontrol tekanan darah

Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari terbukti mampu membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini jugalah yang menjadi alasan minyak zaitun baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Saat kamu mampu mengontrol tekanan darah, maka secara tidak langsung juga kamu bisa menurunkan beberapa resiko penyakit lainnya sepetti jantung, storke, dan sebagainya.

4. Mencegah Obesitas

Seperti pada penjelasan sebelumnya, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu membantu pengolahan lemak yang ada dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, memungkinkan kamu untuk bisa menjaga berat badan sekaligus mencegah obesitas. Hanya saja untuk hasil maksimal, kamu harus mengimbangnya dengan pola makan sehat sekaligus olahraga yang rutin.

manfaat minyak zaitun

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat lainnya yang tergolong baik untuk kesehatan dari minyak zaitun adalah untuk mencegah penyakit kanker. Di mana dengan mengkonsumsinya secara terus menerus, maka kamu mampu meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Selain itu sebagai informasi tambahan, antioksidan sendiri tergolong mampu menangkal radikal bebas sehingga berdampak baik dalam pencegahan penyakit kanker.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai kegunaan baik yang ada dalam minyak zaitun. Hanya saja yang harus di perhatikan adalah saat kamu memilih minyak zaitun dengan kandungan yang tinggi. Hal ini di karenakan seiring berjalannya waktu, minyak zaitun di lakukan pengolahan dan penyaringan yang berbeda-beda sehingga berpengaruh pada hasil dan kandungannya.

Baca Juga :

***