tips membuat rambut berkilau

Rambut berkilau memang menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, paparan polusi, penggunaan produk penata rambut, dan alat pelurus dan pengering rambut dapat menurunkan kesehatan dan kilau rambut Kamu. apalagi jika kamu senang mewarnai rambut kamu. mewarnai rambut memang tampak bagus, tapi dapat merusak kesehatan rambut. alhasil, rambut menjadi rusak, bercabang, hingga tampak kusut tak berkilau. Penting untuk mengetahui tips membuat rambut berkilau. Dengan begitu, rambut tampak lebih sehat dan tampak lebih bagus untuk penampilan kamu tentunya.

Tips Membuat Rambut Berkilau

Berikut tips yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kilau rambut. ucapkan salam perpisahan pada rambut kusam!

1. Cuci rambut dengan benar

tips membuat rambut berkilau

Pertama-tama, perhatikan seberapa sering Kamu mencuci rambut, karena terlalu sering mencuci rambut lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Kemudian, setelah Kamu mandi, pastikan untuk keramas dua kali. Sampo yang kamu gunakan untuk pertama kali adalah untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari penumpukan, sedangkan yang kedua berfungsi sebagai perawatan. Selain itu, Kamu harus melakukan pijatan lembut pada kulit kepala ketika keramas. Alasannya adalah gerakan tersebut akan merangsang aliran darah ke kulit kepala, yang membawa sel darah baru ke area tersebut dan membantu meremajakan akar rambut.

Terakhir, jika Kamu pernah mendengar bahwa membilas rambut Kamu dengan air dingin akan membuatnya sangat berkilau. Tapi tolong jangan kamu ikuti mitos tersebut, hal ini sepenuhnya salah. Berhenti melakukan hal yang tidak perlu! Cukup lakukan keramas dengan waktu yang tepat. Jangan terlalu sering pula keramas.

2. Jauhkan penggunaan bahan-bahan yang merusak rambut

rusak

Rambut Kamu dapat dengan mudah dipenuhi dengan produk penataan rambut dan kotoran, dan itu membuatnya terlihat kurang berkilau dan jauh lebih kusam. Di antara produk yang kita gunakan, minyak yang kita keluarkan, dan kotoran yang kita ambil dalam kehidupan kita sehari-hari, rambut kita pasti membutuhkan sedikit bantuan ekstra di bagian pembersihan. Namun, pastikan untuk hati-hati. Kandungan sulfat pada bahan-bahan kimia yang digunakan untuk rambut dapat menghilangkan minyak alami rambut Kamu. Alhasil, hal ini akan membuat rambut tampak kusam, terutama jika Kamu telah mengecat atau merawat rambut cukup sering.

3. Tips membuat rambut berkilau: gunakan bilasan cuka sari apel

cuka sari apel

Salah satu rekomendasi tips membuat rambut berkilau adalah dengan cuka sari apel. Seperti yang sudah dijelaskan, penggunaan sampo yang terlalu sering dapat berakibat buruk bagi rambut, termasuk membuat rambut jadi kusam. Sebagai gantinya, kamu bisa  menggunakan cuka sari apel untuk membilas rambut kamu. Cuka sari apel berguna untuk membantu menyeimbangkan tingkat pH alami kulit kepala, menyebabkan rambut terlihat lebih bersinar dan sehat dari waktu ke waktu.

4. Pijat kulit kepala Kamu dengan vitamin E

vitamin e

Kita tahu bahwa mengkonsumsi vitamin secara oral baik untuk kesehatan kita, tetapi mengaplikasikannya secara topikal ke rambut kita juga dapat membuatnya lebih kuat, lebih sehat, dan lebih berkilau seiring waktu. Saat kamu berada di toko bahan makanan, belilah sebotol kapsul vitamin E. Di rumah, potong ujung sekitar selusin kapsul, peras minyak ke dalam mangkuk, lalu pijat diri kulit kepala sebelum keramas. Penggunaan vitamin ini akan memberi nutrisi dan melembabkan helai rambut, dan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin E dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Itulah tips membuat rambut berkilau yang bisa kamu coba. Ini saatnya untuk mengembalikan kilau rambut.

BACA JUGA: 4 Tips Mencerahkan Kulit yang Mudah Dilakukan

By Intan