tips membuat rambut sehat

Kesehatan rambut penting untuk kamu jaga. Apalagi, jika kamu sering menggunakan catokan yang panas. Rambut bisa rusak dan kehilangan keratin atau protein alaminya. Dampaknya, rambut menjadi merah, bercabang, dan rapuh. Namun, tenang saja, berikut ada tips membuat rambut sehat yang dapat membuat rambutmu tampil lebih sehat, indah, dan berkilau!

1. Sisir rambut sebelum 

tips membuat rambut sehat

Apa pun tekstur rambut kamu, meluangkan waktu 60 detik untuk mengurai helai rambut akan membuatnya tetap kuat. Saat rambut kamu basah, rambut lebih rentan patah. Menyisir rambut kering mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala hingga ke ujung rambut. 

2. Gunakan kondisioner

Oleskan kondisioner kamu terlebih dahulu ke bagian tengah dan ujung rambut kamu, kemudian lanjutkan ke kulit kepala. Penting untuk memastikan kulit kepala kamu juga terhidrasi. Biarkan selama satu menit penuh sebelum kamu keramas. Menggunakan kondisioner juga sangat penting bagi kamu yang senang menggunakan dry shampoo.

3. Luangkan waktu untuk menggunakan masker rambut

tips membuat rambut sehat

Untuk menjaga agar helaian rambut tetap terhidrasi dan halus, gunakan masker rambut yang melembabkan atau deep conditioner setidaknya sekali seminggu, dan lebih sering lagi jika kamu menggunakan alat panas secara teratur. Masker rambut akan membantu untuk menjaga kesehatan rambut kamu dan membantu mencegah kerusakan rambut yang lebih parah. Kini banyak masker rambut dengan berbagai fungsi yang beragam. Pastikan menyesuaikannya dengan kebutuhan rambut kamu

4. Perhatikan bahan utama

Dengan banyak pilihan perawatan rambut yang tak ada habisnya, bagaimana kamu memilih salah satunya? Saat kamu memilih produk kamu, persempit pilihan kamu dengan mencari bahan penguat, yang akan menyehatkan untaian rambut kamu. Beberapa kandungan dalam shampoo yang sebaiknya kamu pilih adalah minyak kelapa, minyak Argan, lidah buaya, atau spirulina ke dalam rejimen kamu. Pastikan pula untuk melihat kegunaan shampo pada keterangan yang ada di bagian kemasannya. Sesuaikan jenis shampoo yang kamu gunakan sesuai dengan masalah rambut yang ingin kamu atasi. 

BACA JUGA: Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Secara Alami

5. Turunkan suhu shower kamu

Bagi kamu yang senang mandi dengan shower air hangat, pastikan untuk tidak terlalu panas. Mandi air hangat memang bikin tubuh nyaman, tapi bisa bikin rambut jadi rusak. Mandi air panas setiap hari dapat mengiritasi kulit kepala kamu dan mungkin melemahkan rambut kamu saat tumbuh. Jaga suhu di sisi yang hangat dan di akhir mandi, lakukan bilas air dingin cepat untuk menutup kutikula, meningkatkan kilau, dan menjaga kesehatan rambut.

Itulah beberapa tips rambut sehat yang bisa kamu praktekkan. Menjaga kesehatan rambut memang sangat penting, jadi pastikan untuk melakukan perawatan yang rambu kamu butuhkan. Rambut yang rusak bisa sulit untuk kamu atasi, jadi lebih baik merawatnya dari sekarang. 

BACA JUGA: 7 Potongan Rambut Untuk wajah Bulat

By Intan