Gourmetamigurumi.com – Cara menghitung BMI. BMI merupakan singkatan dari Body Mess Index. Di mana untuk menghitungnya harus bergantung pada jenis pengukuran yang ingin di lakukan seperti pengukuran metrik dan pengukuran imperial. Body Mess Index atau indeks masa tubuh adalah perkiraan lemak dalam tubuh yang di dasarkan pada berat dan tinggi badan. Selain itu perhitungan ini memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah memiliki berat badan kurang, pas, atau berlebih dan obesitas.

Selain itu BMI biasanya di gunakan untuk menilai resiko masalah kesehatan tertentu yang berkaitan dengan berat badan. Lalu bagaimana cara menghitung BMI? Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai cara menghitung BMI yang bisa di praktekkan !

cara menghitung bmi

Cara menghitung BMI atau Body Mess Index

Untuk menghitung BMI, kamu bisa menggunakan 2 jenis pengukuran yakni metrik dan imperial. Hanya saja pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui tinggi dan berat badan saat ini sebelum memulai perhitungan.

1. Menghitung BMI menggunakan pengukuran metrik

Untuk sistem metrik ini berat badan bisanya di kalkulasikan dengan Kg sedangkan tinggi badan adalah M2. Berikut adalah rumusnya :

Berat (Kg) : [Tinggi (m)]2 atau kamu juga bisa menggunakan rumus [Berat (Kg) : Tinggi (cm) : Tinggi (cm)] x 10.000. Di mana kedua rumus tersebut memberikan hasil yang sama. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan rumus mana saja sesuai dengan keinginan.

Sebagai contoh jika kamu memiliki berat badan 60 Kg dengan tinggi badan 160 CM maka perhitungannya adalah :

60 : 1,62 = 23,43 Hasilnya akan sama dengan rumus [60 : 160 : 160] x 10.000 = 23,43

2. Menghitung BMI menggunakan pengukuran imperial

Untuk jenis pengukuran ini lebih sering di gunakan di Indonesia. Oleh karenanya perhitungan rumus menggunakan satuan pound untuk berat badan dan inch untuk tinggi badan. Sehingga jika kamu ingin menggunakan pengukuran imperial, maka harus di lakukan konversi terlebih dahulu mengenai berat dan tinggi badan.

Berikut adalah rumusnya : [(berat badan (pound) x 703) : tinggi badan (inci)2]

cara menghitung bmi

Kategori Body Mess Index

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung BMI, selanjutnya yang harus di ketahui adalah kategori dari hasil perhitungan. Berikut adalah kategori yang menjadi penilaian dari hasil perhitungan BMI :

  • Jika hasil yang di dapatkan kurang dari 17 maka kategorinya adalah Sangat Kurus
  • BMI antara 17 sampai kurang dari 18,4 maka kategorinya Kurus
  • BMI antara 18,5 sampai 25 masuk pada kategori Normal
  • Hasil BMI antara 25,1 sampai 27 masuk kategori Gemuk
  • BMI lebih dari 27 masuk kategori obesitas
cara menghitung bmi

Sebagai informasi tambahan, kelebihan lemak dalam tubuh biasanya akan meningkatkan resiko masalah kesehatan. Oleh karena itu kamu bisa melihat dari skor kategori BMI, jika kelebihan berat badan maka sebaiknya untuk lebih mengurangi asupan kalori berlebih agar terhindar dari resiko penyakit berbahaya seperti di antaranya :

  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Kanker
  • Diabetes
  • Batu empedu
  • Kolesterol tinggi
  • dan lainnya.

Nah itulah pejelasan mengenai cara menghitung BMI. Untuk menjaga kesehatan yang lebih baik, kamu bisa melakukan beragam aktifitas fisik, menjaga pola makan, dan sebaiknya untuk tidak merokok. Selain itu skor dan kategori BMI juga tidak bisa di jadikan patokan untuk kondisi kesehatan yang sedang di alami.

Baca Juga :

***