Gourmetamigurumi.com – Manfaat dan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Berolahraga secara rutin memungkinkan kamu mendapatkan bentuk badan yang baik serta kesehatan fisik yang sempurna. Oleh karena itu sebaiknya kamu rutin melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu. Untuk kamu ketahui, berolahraga memiliki 3 tahapan aktivitas fisik yang harus di lakukan yakni pemanasan, olahraga inti, dan juga pendinginan.

Hal ini di lakukan untuk meminimalisir terjadinya cidera. Terutama pada pemanasan, ada baiknya kamu melakukan dengana serius. Di mana pemanasan sebelum olahraga sendiri berisi gerakan ringan sehingga tubuh lebih siap apa olahraga inti. Selain itu biasanya pemanasan bisa di lakukan dengan peregangan statis, dinamis, atau bisa juga dengan gerakan yang menyerupai olahraga inti.


Aspek pemanasan yang tepat

Aspek pemanasan yang tepat

Menurut publikasi Competitive Edge Physical Therapy, ada beberapa aspek pemanasan yang tepat sehingga penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mencapai kegiatan yang aman dan membuat nyaman. Adapun beberapa aspek tersebut meliputi persiapan secara fisiologis, psikologis, pencegahan cedera, serta peningkatan performa.

Sehingga jika kamu berolahraga tanpa melakukan pemanasan, maka akan berpotensi menyebabkan ketegangan pada otot dan memberikan tekanan berat pada jantung dan paru-paru.


Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Tentunya ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat melakukan pemanasan sebelum olahraga. Di mana pamanasan nantinya memungkinkan tubuh untuk siap beraktivitas dengan mudah dan bisa lebih berat saat olahraga.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Berikut ini beberapa manfaat melakukan pemanasan sebelum olahraga :

  1. Memungkinkan otot untuk bisa lebih rileks sehingga bisa meminimalisir terjadinya cidera terlebih saat kamu melakukan aktivitas olahraga berat.
  2. Nantinya saat melakukan pemanasan sebelum berolahraga, tubuh akan menjadi lebih fleksibell dan memudahkan kamu untuk bergerak dan berolahraga dengan benar.
  3. Meningkatkan aliran darah dan oksigen sehingga membantu otot untuk mendappatkan nutrisi yang di butuhkan secara lebih intens.
  4. Membantu tubuh untuk melakukan aktivitas olahraga dengan lebih efektif.
  5. Memiliki rentang gerak yang baik untuk menggerakkan sendi secara lebih optimal, serta membuat otot menjadi hangat dan lebih rileks.

Gerakan pemanasan sebelum berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga dapat di lakukan dengan bermacam-macam gerakan. Berdasarkan modul bugar dengan gerak berirama oleh Kemendikbud, berikut ini beberapa macam pemanasan yang bisa di lakukan sebelum berolahraga.

1. Pemanasan Statis

1. Pemanasan Statis

Merupakan pemanasan yang berupa peregangan dan di lakukan mulai dari bagian tubuh atas menuju ke bawah dengan hitungan 1×8. Selain itu pemanasan ini bermanfaat agar otot lebih siap dalam melakukan gerakan dan olahraga yang lebih berat. Selain itu pemanasan statis memungkinkan kamu untuk terhindar dari kram dan cidera otot. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan gerakan pemanasan statis yanng sesuai.

2. Pemanasan Dinamis

manfaat olahraga sebelum pemanasan Dinamis

Untuk kamu ketahui pemanasan dinamis melakukan pemanasan yang di lakukan dengan gerakan yang saling berkaitan. Salah satunya contoh gerakan pemanasan dinamis yaitu dengan menggerakkan kepala mulai dari atas hingga ke bawah. Di mana pemanasan dinamis ini bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku.

3. Pemanasan Senam

manfaat olahraga sebelum pemanasan Senam

Pemanasan berupa senam merupakan perpaduan antara pemanasan statis dan dinamis. Di mana biasanya pemanasan senam di iringi oleh musik dengan gerakan kombinasi.

Nah itulah beberapa manfaat dan gerakan pemanasan sebelum berolahraga untuk kamu ketahui. Oleh karena itu sebelum melakukan olahraga, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sehingga nantinya kamu bisa lebih nyaman dan terhindar dari cidera yang tidak di inginkan.***