Gourmetaigurumi.com – Manfaat polis asuransi. Pernahkah kamu mendengar istilah Polis Asuransi? Merupakan salah satu istilah dalam asuransi yang banyak di gunakan. Nah untuk kamu yang bingung, pada artikel kali ini akan di bahas bersama mengenai pengertian, contoh, dan juga manfaat Polis Asuransi yang harus di ketahui.

manfaat polis asuransi

Apa itu Polis Asuransi ?

Merupakan perjanjian antara perusahaan asuransi dengan nasabahnya. Di mana dalam polis asuransi sendiri biasanya terdiri dari perjanjian, pengalihan resiko, syarat, dan komitmen antara kedua belah pihak. Nantinya dokumen dalam polis asuransi inilah yang menjadi pedoman untuk nasabah saat ingin mendapatkan haknya.

Tidak hanya berguna untuk nasabah, polis asuransi juga tentu akan memberikan perlinduungan kepada perusahaan jika ada nasabah yang meminta hal di luar kontrak perjanjian.

manfaat polis asuransi

Manfaat Polis Asuransi

Ada banyak manfaat dari Polis Asuransi yang sekaligus menjadikannya cukup penting untuk ada dalam perjanjian. Polis asuransi sendiri menjadi bukti dari terjalinnya kerjasama antara nasabah dan perusahaan. Adapun beberapa manfaat polis asuransi di antaranya :

1. Untuk mengetahui hak dan kewajiban nasabah asuransi

Sebagai nasabah, kamu memiliki kewajiban yakni membayar premi. Sehingga premi yang di bayarkan nantinya bisa di manfaatkan untuk mengajukan klaim sesuai dengan kesepakatan yang sudah tertulis. Sebagai informasi tambahan, biasanya polis asuransi memiliki ketebalan yang serupa dengan buku. Oleh karena itu penting bagi kamu membaca secara seksama mengenai apa saja hal penting yang ada di dalamnya.

2. Untuk mengetahui nilai pengurangan

Manfaat lainnya dari polis asuransi adalah untuk mengetahui nilai pengurangan. Di mana seperti contoh pada nilai pengurangan dalam asuransi kendaraan bermotor. Kemudian pada polis asuransi kesehatan terdapat istilah excess atau selisih nominal. Biasanya mekanisme nilai pengurangan sendiri sudah di atur dalam polis.

3. Mengetahui skema premi

Dengan adanya polis asuransi memungkinkan kamu untuk mengetahui skema premi. Di mana biasanya skema premi berisikan tentang kerugian yang mungkin terjadi. Selain itu kamu juga bisa mempelajari apa saja yang ada dalam polis asuransi dan berhak menolaknya jika tidak sesuai dengan pembayaran.

4. Sebagai jaminan

Polis asuransi memiliki fungsi lain yakni sebagai jaminan antara kedua belah pihak. Sehingga jika terjadi kerugian yang tidak ada dalam aturan polis, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab nasabah.

manfaat polis asuransi

Isi yang tertera dalam polis asuransi

Polis asuransi berisikan poin penting yang harus di ketahui oleh nasabah. Oleh karena itu sebelum memilih jenis asuransi yang tepat, pastikan kamu sudah mempelajari apa saja poin penting dalam polis asuransi yang di berikan. Adapun beberapa isi yang tertera dalam polis asuransi di antaranya :

1. Hak pelajari polis

Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan waktu untuk nasabah agar bisa mempelajari polis asuransi selama 14 hari sejak di terbitkan. Pastikan kamu memanfaatkan 14 hari tersebut untuk memahami apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan dari perusahaan.

2. Data nasabah

Polis asuransi berisikan data nasabah dan tertanggung. Penting untuk kamu memastikan bahwa data yang tercantum sudah benar dan sesuai dengan dokumen resmi. Hal ini di lakukan untuk menghindari permasalahan yang mungkin terjadi saat ingin mengajukan klaim.

3. Manfaat asuransi

Dalam polis asuransi, kamu akan mengetahui manfaat apa saja yang ada di dalamnya seperti uang pertanggungan, masa pertanggungan, limit klaim, bahkan hingga cara mengajukan klaim.

4. Pengecualian

Isi lainnya yang tertera dalam polis asuransi adalah pengecualian. Di mana ada beberapa hal yang mungkin bisa membuat klaim di tolak. Oleh karenanya penting untuk di pelajari apa saja yang membuat klaim tidak bisa di terima oleh perusahaan.

5. Ketentuan dan potongan biaya

Polis asuransi juga berisikan rincian premi yang harus di bayarkan agar bisa mendapat manfaat dari asuransi. Selain itu tertera juga potongan biaya yang tentunya bisa mengurangi manfaat seperti uang pertaggungan yang akan di potong.

Demikian informasi mengenai apa itu polis asuransi, manfaat dan contohnya yang bisa kamu ketahui. Menjadi dokumen penting dalam asuransi, pastikan kamu mempelajari polis sebelum bekerjasama dengan perusahaan asuransi.

Baca Juga :

***