Gourmetamigurumi.com – Cara menjaga kesehatan jantung. Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Oleh karena itu penting bagi kita untuk bisa menjaga kesehatan jantung sebaik mungkin. Jika sebagian masyarakat menganggap penyakit jantung hanya di alami oleh orang tua saja, maka anggapan tersebut adalah salah.

Tidak sedikit orang yang meninggal karena penyakit jantung di usianya yang cenderung muda yakni kisaran 30 tahun. Hal tersebut di sebabkan oleh penerapan gaya hidup yang tidak sehat.

Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Cara menjaga kesehatan jantung

Sebagai informasi tambahan, janatung sendiri menjadi pusat dari sistem peredaran darah. Di mana fungsi utamanya adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu darah yang di pompa oleh jantung akan membawa oksigen dan nutrisi penting dalam sel, organ, dan jaringan lain yang di butuhkan oleh tubuh.

cara menjaga kesehatan jantung

Oleh karena itu jika jantung dan ototnya mengalami gangguan, maka sirkulasi darah juga akan terganggu dan mengakibatkan sel, jaringan, serta organ tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan jantung, berikut beberapa hal yang harus di lakukan :

1. Kurangi asupan makanan asin

Meskipun cenderung enak, namun makanan asin menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Di mana tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung. Selain itu jika tekanan darah menjadi tinggi, maka kinerja jantung dalam memompa darah juga akan semakin berat.

Ada batasan untuk asupan makanan asin atau yang mengandung garam. Di mana pada orang yang berusia mulai dari 19 hingga 49 tahun yakni maksimal 1500 mg.

Sebaiknya untuk menghindari penggunaan garam saat memasak dan jangan terlalu sering mengkonsumsi junkfood kemasan seperti daging hingga snack.

2. Berhenti merokok

Jika kamu adalah perokok, satu-satunya hal yang harus di lakukan adalah dengan berhenti merokok. Seperti yang di ketahui oleh banyak orang, bahkan perusahaan rokok juga sudah memberi peringkatan di bungkusnya. Rokok dapat menyebabkan penyakit jantung karena mengandung bahan kimia yang mendorong pembentukan plat pada pembuluh arteri jantung.

Sehingga seiring berjalannya waktu, plak akan menumpuk dan menyumbat aliran darah yang memungkinkan penyakit jantung.

3. Tidur yang cukup

cara menjaga kesehatan jantung

Cara lainnya yang harus di lakukan untuk bisa menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga kualitas tidur. Hindari tidur larut malam atau begadang dengan tujuan yang tidak jelas. Jam tidur yang tidak beraturan akan menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan peradangan. Sehingga penyebab tersebut memungkinkan resiko penyakit jantung lebih tinggi. Di sarankan untuk tidur lebih awal dengan durasi 7 hingga 8 jam perhari.

4. Kurangi makanan berlemak

Lemak memiliki fungsi sebagai sumber energi cadangan dan membantu menyerap nutrisi makanan. Namun jika di konsumsi terlalu banyak, lemak justru akan menimbulkan penyakit yang serius. Terlebih jika yang di konsumsi adalah jenis lemak jenuh. Merupakan jenis lemak yang menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi tinggi dan membentuk plak pada pembuluh darah.

Beberapa contoh makanan yang tinggi lemak adalah jeroan sapi, ayam, dan juga gorengan. Hindari mengkonsumsi dengan jumlah terlalu banyak.

5. Rutin berolahraga

cara menjaga kesehatan jantung

Untuk bisa menjaga kesehatan jantung, di sarankan untuk kamu melakukan olahraga secara rutin secara menyeluruh. Hal ini di karenakan aktivitas fisik mampu membantu mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatakan kadar kolesterol baik.

Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga mulai dari jogging, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Rutin mengkonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Terlebih lagi jenis buah dan sayur juga mengandung senyawa antioksidan sehingga mampu mencegah peradangan, kaya serat, dan kaya akan kalori.

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa menambah asupan berupa sayur dan buah yang sekaligus di jadikan untuk camilan.

7. Hindari duduk terlalu lama

Meskipun kesannya sepele, namun duduk dengan durasi waktu yang lama cukup mengganggu kesehatan jantung. Hal ini di karenakan duduk terlalu lama bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan darah sehingga mampu memperburuk sirkulasi datang.

Saat sedang bekerja atau belajar dalam posisi duduk, sebaiknya rutin untuk melakukan peregangan. Pastikan tubuh selalu dalam keadaan bergerak.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk menjaga kesehatan jantung. Cara diatas cukup mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :

***