Anda punya pertanyaan keuangan. Internet punya jawabannya. Begitu pula teman, anggota keluarga, dan influencer Instagram. Financial planner atau perencana keuangan dapat mengurangi kebisingan dan memberikan nasihat ahli keuangan yang disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan.

Apa Seorang Financial Planner Lakukan?

financial planner

Seorang perencana keuangan memandu Anda dalam memenuhi kebutuhan keuangan saat ini dan tujuan jangka panjang. Itu biasanya berarti menilai situasi keuangan Anda, memahami apa yang Anda ingin uang lakukan baik sekarang dan di masa depan. Ia juga membantu membuat rencana untuk mewujudkannya. Perencana keuangan dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran, melunasi hutang, dan menabung serta berinvestasi untuk masa depan.

Apakah Anda membutuhkan perencana keuangan?

Secara umum, semakin kompleks situasi keuangan Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan keuntungan dari seorang perencana keuangan.

Jika keuangan Anda sederhana, Anda mungkin bisa menggunakan pendekatan DIY. Tetapi perencana keuangan dapat memberikan perspektif yang obyektif, dan membawa keahlian pada keputusan tentang bagaimana Anda harus menginvestasikan uang Anda, apa yang seharusnya menjadi prioritas keuangan Anda dan jenis perlindungan asuransi dan perlindungan lain yang Anda butuhkan. Seorang perencana keuangan dapat sangat membantu ketika Anda dihadapkan pada perubahan hidup – pikirkan pernikahan, perceraian, atau warisan.

Jenis Financial Planner

Jenis perencana keuangan yang terbaik untuk Anda akan bergantung pada kebutuhan, tahap kehidupan, dan anggaran Anda. Kami akan menjelaskan beberapa opsi di bawah ini.

1. Penasihat Robo

Jika Anda baru memulai, penasihat robot mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Otomasi telah memungkinkan perusahaan tradisional seperti Vanguard dan Fidelity, serta perusahaan hanya online seperti Betterment dan Wealthfront, untuk secara substansial menurunkan harga manajemen portofolio. Perusahaan-perusahaan ini ideal jika Anda membutuhkan manajemen investasi, tetapi bukan perencanaan keuangan yang holistik.

Penasihat Robo membangun dan mengelola portofolio investasi berbiaya rendah yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda dengan biaya yang kecil – banyak pilihan teratas mengenakan biaya 0,25% atau kurang dari saldo akun Anda. Campuran investasi ditentukan oleh algoritme komputer dan secara otomatis disesuaikan bila diperlukan. Di tingkat akun dasar, Anda dapat mulai berinvestasi dengan $ 500 atau bahkan kurang.

Sifat robo-advisor berbiaya rendah dan mudah masuk mengurangi hambatan untuk bekerja menuju tujuan keuangan Anda. Itu penting karena menghindari pasar bisa membuat masa pensiun Anda kelaparan. Anda bisa mulai dengan robo-advisor dan menambahkan penasihat manusia nanti jika kamu membutuhkannya.

BACA JUGA: 7 Tips Investasi untuk Investor Pemula

2. Perencana keuangan tradisional secara langsung

Bagi mereka yang memiliki kebutuhan perencanaan yang rumit atau berkelanjutan, perencana keuangan tatap muka tradisional mungkin lebih cocok. CFP dapat memberikan saran holistik satu lawan satu untuk situasi keuangan yang paling kompleks. Penunjukan CFP resmi menunjukkan bahwa penyedia telah melalui proses pelatihan dan pengujian formal yang ketat.

Biaya CFP khusus biasanya per jam.Beberapa mungkin mengenakan biaya berdasarkan ukuran portofolio investasi yang mereka kelola untuk Anda. ini disebut biaya aset-kelolaan dan biasanya 1% dari saldo portofolio Anda per tahun. Konsultasi awal untuk membahas kebutuhan Anda dan layanan mereka biasanya gratis.

Sebelum Anda menjalin hubungan, tanyakan apakah orang yang Anda pertimbangkan adalah pemegang fidusia, sebuah istilah yang berarti mereka berkewajiban untuk mengutamakan kepentingan terbaik klien. (Anggota Jaringan Perencanaan Garrett dan Asosiasi Nasional Penasihat Keuangan Pribadi memenuhi persyaratan fidusia dan hanya biaya.)

3. Layanan perencanaan keuangan online

Ada beberapa layanan perencanaan online yang menggabungkan manajemen portofolio berbasis komputer dengan akses ke perencana keuangan yang hidup dan bernapas. Dalam banyak kasus, Anda akan mendapatkan perencana keuangan khusus dan rencana keuangan yang komprehensif, tetapi Anda akan bertemu dengan penasihat itu melalui telepon atau konferensi video daripada secara langsung.

Layanan perencanaan online seperti ini biasanya mengenakan biaya lebih dari seorang robo-advisor tetapi kurang dari perencana keuangan tradisional. Contoh perusahaan di bidang ini termasuk Kekayaan Faset dan Modal Pribadi.

BACA JUGA: Rekomendasi Investasi Jangka Pendek yang Aman

By Intan