Tips memilih asuransi yang tepat

Untuk menentukan tips memilih asuransi yang tepat memang nggak boleh sembarangan. Kamu harus pintar memilih tips yang benar agar nggak menyesatkan. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan ulasan tips berikut ini. 

Dengan mengikuti langkah-langkah menentukan produk asuransi pada ulasan kali ini, kamu bisa mendapatkan produk asuransi yang tepat. Lantas, apa saja cara yang mesti kamu ikuti? Berikut ini adalah tips lengkapnya! 

Tips Memilih Asuransi dengan Riset Mendalam

Tips memilih asuransi dengan riset

Ketika kamu mau memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi, kamu harus mengenal produknya terlebih dahulu. Ada banyak produk asuransi yang keluar dari agen atau perusahaan asuransi di Indonesia. 

Seenggaknya, masing-masing perusahaan insurance mengeluarkan lebih dari 10 produk asuransi yang berbeda. Karena banyaknya pilihan inilah, kamu harus lebih berhati-hati dalam menentukan produk yang mau kamu beli. 

Maka dari itu, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Ada beberapa produk asuransi yang umum tersedia di Indonesia saat ini. Produk-produk tersebut antara lain adalah asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan sebagainya. 

Membeli Produk Asuransi Sesuai Keperluan

Membeli produk asuransi yang tepat

Setelah melakukan riset secara mendalam mengenai produk asuransi yang mau kamu beli, lanjutkan dengan memilih produk yang tepat. Bagaimanakah produk asuransi yang tepat tersebut? Produk asuransi yang tepat adalah produk yang menawarkan program-program sesuai dengan yang kamu butuhkan. 

Sedikit tips memilih asuransi yang tepat adalah dengan melihat kecocokan program asuransinya. Misalnya, kamu butuh perlindungan dan jaminan untuk hari tua. Maka produk asuransi yang bisa kamu pertimbangkan adalah asuransi kesehatan atau asuransi pensiun. 

Berkonsultasi pada Agen yang Berlisensi Resmi

Berkonsultasi dengan agen konsultasi berlisensi

Jika kamu ragu dengan pilihanmu sendiri, maka kamu bisa berkonsultasi dengan pihak agen konsultasi yang sudah terpercaya. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa melihatnya dari lisensi resmi milik agen konsultasi tersebut. 

Apabila agen konsultan tersebut nggak memiliki lisensi resmi, maka hindari untuk berkonsultasi di agen ini. Sebaliknya, jika konsultan tersebut memiliki lisensi resmi, maka kamu bisa mempercayakan pilihan asuransi kepada agen tersebut. 

Jangan malu bertanya ketika kamu menghadapi kesulitan untuk menentukan produk asuransi yang tepat. Jika kamu malu bertanya, maka kamu sendiri yang akan menyesal. Untuk menghindari resiko terburuk dari pilihan yang kamu buat, sebaiknya serahkan saja pilihan asuransimu pada ahlinya. 

Menguasai Produk Asuransi yang Dipilih 

Menguasai produk asuransi

Setelah selesai berkonsultasi, tugas dan tanggung jawabmu untuk menentukan produk asuransi belum selesai. Masih ada tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan, yaitu memahami produk asuransi yang sudah kamu pilih. Inilah tips memilih asuransi yang tepat untuk kamu lakukan. 

Rekomendasi Produk Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia yang Aman

Sebagai contoh, kamu memilih produk asuransi pendidikan. Maka, kamu harus mengetahui seluk-beluk produk ini secara mendetail. Mulai dari fasilitas yang tersedia, harga premi bulanannya, hingga jaminan yang akan kamu dapatkan. 

Dengan cara itulah, kamu bisa mempelajari produk yang kamu pilih hingga kamu menguasainya. Ulangi cara yang sama setiap kali kamu mau membeli produk asuransi yang kamu butuhkan. 

Tips Memilih Asuransi dengan Memperhitungkan Resiko Terburuk

Menghindari resiko asuransi

Terakhir, cobalah untuk memperhitungkan resiko terburuk dari produk asuransi yang kamu pilih. Cara ini berfungsi untuk meminimalisir resiko buruk yang bisa kamu alami. Makanya, tahap ini nggak boleh kamu abaikan begitu saja. 

Resiko terburuk bisa kamu minimalisir dengan cara melihat rekam jejak perusahaan asuransi yang kamu pilih. Apakah selama ini tingkat solvabilitasnya tinggi? Semakin tinggi tingkat solvabilitasnya, maka artinya perusahaan asuransi tersebut sehat secara finansial.