Gourmetamigurumi.com – Manfaat sawi putih. Sawi Putih merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak di temui di Indonesia. Memiliki nama latin yakni Brassica rapa subsp pekinensis, sawi putih bisa di olah menjadi sayur dengan citarasa yang menggugah selera.

Berdasarkan sejarahnya, sawi putih sendiri merupakan sejenis kubis Cina yang berasal dari Beijing. Dengan banyaknya nutrisi dan kandungan baik dalam Sawi Putih, sayuran ini selalu di gunakan tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia.

manfaat sawi putih

Adapun beberapa kandungan yang terdapat dalam sawi putih di antaranya adalah Vitamin C, E, K, beta karoten, magnesium, kalium, kalsium, glutain, sumber antioksidan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai manfaat sawi putih yang baik untuk kesehatan. Simak ulasan berikut !

Manfaat sawi putih untuk kesehatan

1. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat menimbulkan beberapa keluhan seperti salah satunya adalah mudah lelah. Sawi putih sendiri mengandung zat besi yang tinggi dan membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin dalam darah.

Sehingga jika kamu mengalami anemia, maka mengkonsumsi sawi putih bisa menjadi pilihan yang baik. Sebagai informasi tambahan, hemoglobin sendiri memiliki peranan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mempercepat produksi sel darah merah.

manfaat sawi putih

2. Membantu mengatur tekanan darah

Sayuran sawi putih kaya akan kalium dan juga kalsium di mana kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu sawi putih juga mengandung sodium tingkat rendah yang sering di kaitkan dengan tekanan darah rendah.

Mengkonsumsi sawi putih bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk mengatur tekanan darah.

3. Penurunan berat badan

Jika kamu sedang melakukan diet dan program penurunan berat badan. Sawi Putih memiliki pengaruh baik dalam program yang sedang kamu lakukan.

Sawi putih memiliki kalori yang cukup rendah dan jumlah serat yang tinggi. Dengan begitu sawi putih bisa di jadikan suplemen makanan dan membantu mempertahankan penurunan berat badan secara alami. Untuk cara mengkonsumsinya, kamu bisa membuat jus yang di campur dengan buah seperti strobery, dan lainnya.

4. Membuat gigi dan tulang menjadi kuat

Manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dengan konsumsi sawi putih adalah menguatkan gigi dan tulang. Sawi putih sendiri mengandung vitamin K dan kalsium yang memegang peranan penting dalam menjaga gigi dan juga tulang. Selain itu kalsium juga membantu meningkatkan fungsi saraf sementara serta meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah.

manfaat sawi putih

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat lain yang ada pada sawi putih adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di mana kandungannya terbilang menjadi sumber yang kaya akan serat sehingga terbilang cukup penting untuk meningkatkan pencernaan sehat. Selain itu mengkonsumsi serat yang cukup juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang terkumpul dari saluran pencernaan tubuh.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengandung nutrisi berupa vitamin C, sawi putih bisa menjadi pendorong mekanisme pertahanan tubuh. Selain itu vitamin C yang ada pada sawi putih juga membantu tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit dan mencegah infeksi seperti flu dan peradangan gusi.

Nah itulah beberapa manfaat dari sayuran sawi putih yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain membawa banyak manfaat, sawi putih juga sangat mudah di temukan di pasar Indonesia.

Baca Juga :

***