Gourmetamigurumi – Manfaat buah pepaya. Sering mengkonsumsi buah setiap hari tentu akan memberikan dampak positif yang baik untuk kesehatan. Selain itu setiap jenis buah memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri sangat mudah untuk menemukan buah pepaya. Selain itu harga yang terjual di pasaran juga cukup terjangkau. Namun tahukah kamu jika Pepaya termasuk buah yang kaya akan manfaat? Nah untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat buah pepaya, simak beberapa penjelasan berikut ini !

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Pepaya matang terkenal baik untuk pencernaan dan memungkinkan penurunan berat badan. Hal ini di karenakan pepaya mengandung enzim bernama papain sekaligus kaya akan serat yang tinggi. Menariknya lagi, pepaya juga mengandung kalori yang cukup rendah sehingga cocok untuk kamu yang sedang melakukan program diet.

manfaat buah pepaya

Selain baik untuk pencernaan, berikut beberapa manfaat yang ada dalam buah pepaya :

1. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya kaya akan serat, nyatanya pepaya juga merupakan sumber antioksidan serta vitamin C yang tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi pepaya memungkinkan kamu untuk terhindar dari kolesterol dan penyakit jantung.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi pepaya tidak melulu akan menimbulkan masalah. Meskipun pepaya memiliki rasa yang manis, namun kandungannya terbilang cukup rendah gula dan indeks glikemik. Dengan begitu tidak akan berpengaruh apapun untuk penderita diabetes. Menariknya lagi adalah kandungan lain dalam pepaya yakni nutrisi phyto dan vitamin sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung sekaligus untuk melindungi hati.

3. Meningkatkan kekebalan daya tubuh

Menjadi buah yang kaya akan vitamin C, bahkan kandungannya lebih banyak 2 kali lipat jika di bandingkan dengan asupan vitamin C harian yang di rekomendasikan. Dengan rutin mengkonsumsi pepaya, maka sistem kekebalan tubuh akan terjaga secara otomatis. Sehingga memungkinkan tubuh mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

manfaat buah pepaya

4. Membuat mata lebih sehat

Kandungan lain yang ada dalam buah pepaya adalah cyptoxanthin, zeaxanthin, lutein, dan vitamin A. Dengan banyaknya kandungan tersebut, maka dengan mengkonsumsi papaya akan mampu mencegah penuaan dan melindungi dari kemungkinan kerusakan mata.

5. Mengurangi nyeri haid

Manfaat lainnya yang ada dalam buah pepaya adalah untuk mengurangi nyeri haid. Hal ini di karenakan kandungan enzim dalam buah pepaya yang di sebut dengan papain terbilang mampu mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

6. Mencegah kanker usus dan prostat

Beta karoten yang menjadi salah satu kandungan dalam pepaya terbilang cukup efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus dan kanker prostat. Selain itu antioksidan dan flavonoid dalam buah ini juga mampu mancegah kerusakan radikal dalam sel.

7. Mengurangi radang sendi

Pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang kuat dan kaya akan vitamin C. Oleh karena itu dengan rutin mengkonsumsi pepaya maka cukup baik untuk membuat tulang menjadi lebih kuat serta terlindung dari arthritis atau radang sendi.

Nah itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah pepaya yang baik untuk kesehatan. Disarankan untuk kamu mengkonsumsi buah pepaya secara rutian untuk bisa mendapatkan manfaat baik yang ada dalam kandungannya.

Baca Juga :

***