cara mengatasi tangan kering

Tangan kering adalah hal biasa. Meski secara teknis bukan kondisi yang berbahaya, ini bisa sangat menjengkelkan. Dalam kebanyakan kasus, tangan kering disebabkan oleh kondisi lingkungan. Cuaca, misalnya, bisa menyebabkan tangan menjadi kering. Sering mencuci tangan, terpapar bahan kimia, dan kondisi medis tertentu juga dapat mengeringkan kulit tangan. Konon, ada beberapa cara untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi, apa pun penyebabnya. cara mengatasi tangan kering.

9 Cara mengatasi tangan kering

Untuk mengatasi tangan kering, cobalah beberapa pengobatan berikut:

1. Cara mengatasi tangan kering dengan pelembab

cara mengatasi tangan kering

Oleskan krim atau lotion pelembab berkualitas beberapa kali sehari. Lotion dan krim membantu mengembalikan kelembapan dan menyegelnya kembali ke dalam kulit.

2. Kenakan sarung tangan

cara mengatasi tangan kering

Jika tangan sering terendam air, seperti saat mencuci piring, pertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan. Sarung tangan membantu mencegah air mengikis minyak alami kulit.

3. Mengurangi stres

Ini mungkin terdengar gila, tetapi mungkin ada hubungan kecil antara stres dan eksim. Jadi, jika menyadari tangan kusut karena kulit kering akibat eksim, luangkan waktu untuk merawat diri sendiri guna mengurangi stres.

4. Pertimbangkan pengobatan

Jika kamu menderita eksim parah, obat-obatan mungkin akan dokter berikan untuk menyembuhkannya. Dokter mungkin meresepkan steroid yang dapat kamu aplikasikan ke kulit dan antibiotik sebagai obat minum.

5. Tanyakan kepada dokter  tentang terapi sinar UV

Dalam beberapa kasus psoriasis yang parah, terapi ultraviolet (UV) juga dapat membantu kulit menyembuhkan dirinya sendiri. Namun, kamu harus berbicara dengan dokter sebelum mencoba terapi UV apa pun.

6. Gunakan prawatan di malam hari

cara mengatasi tangan kering

Salah satu solusi terbaik untuk tangan kering adalah mengoleskannya di malam hari dengan lotion atau pelembab berbahan dasar minyak bumi, seperti Vaseline. Setelah itu, tutupi tangan dengan sepasang sarung tangan atau kaus kaki yang lembut. Cara ini akan membuat tangan selembut bayi.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Jadi Pelembab Alami!

7. Tanyakan tentang krim resep

Untuk kulit yang sangat kering dan bersisik, dokter mungkin merekomendasikan lotion khusus yang mengandung asam laktat atau bahan lainnya. Bahan-bahan ini membantu menghilangkan kulit kering dan bersisik.

8. Oleskan krim hidrokortison

Dalam beberapa kasus, kulit kering bisa memburuk menjadi kondisi yang disebut dermatitis, di mana kulit menjadi meradang dan merah. Dalam kasus ini, lotion yang mengandung hidrokortison mungkin paling membantu. Hidrokortison dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

9. Gunakan pembalut basah

Kulit yang pecah-pecah karena kekeringan perlu dirawat sebelum bisa sembuh total. Dokter mungkin merekomendasikan balutan basah saat kulit sudah sembuh.

BACA JUGA: Jarang Orang Tahu, ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

By Intan