cara menghilangkan komedo

Masalah komedo memang rumit. Tidak peduli seberapa baik Kamu merawat kulit Kamu, komedo terkadang muncul begitu saja biasanya pada waktu yang paling buruk. Jika Kamu akhirnya siap untuk menghilangkan komedo, cara menghilangkan komedo di rumahan untuk komedo ini dapat membantu.

Cara Menghilangkan Komedo di Rumah

Ada banyak jenis jerawat dan tidak semuanya dapat merespons perawatan rumahan dengan baik. Berikut adalah pengobatan rumahan yang terbukti dapat membantu mengurangi komedo Kamu. Tenang saja, caranya sangat mudah untuk kamu lakukan sendiri. Tak perlu biaya mahal, ini tips menghilangkan komedo yang mudah dan dapat kamu lakukan di rumah. Berikut ulasannya.

1. Cara menghilangkan komedo: Soda kue dan air

cara menghilangkan komedo

Soda kue adalah bahan dapur yang umum sehingga Kamu mungkin tidak menyadari bahwa Kamu dapat mengatasi komedo dengannya. Soda kue membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin dialami kulit Kamu, serta berfungsi sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Untuk menggunakan ini pada komedo Kamu, campurkan dua sendok makan soda kue dan dua sendok makan air untuk membentuk pasta. Pijat pasta ke wajah Kamu, bilas dengan air hangat, lalu pastikan untuk melembabkannya sesudahnya. Campuran ini bisa mengeringkan kulit Kamu, jadi jangan gunakan lebih dari dua atau tiga hari seminggu.

2. Lakukan eksfoliasi di rumah

lemon

Salah satu cara eksfoliasi kulit yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan beberapa bahan alami. Selain efektif, penggunaan bahan alami juga lebih aman untuk kamu gunakan.

Gula merah, madu, dan jus lemon merupakan campuran bahan untuk eksfoliasi kulit yang dapat Kamu gunakan untuk mengatasi komedo di hidung dan dagu. kamu bisa mencampurkan satu sendok makan gula, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah. Jika sudah tercampur rata, oleskan ke wajah Kamu dengan gerakan melingkar, pijat selama lima menit sebelum kamu membilasnya dan gunakan pelembab. Cara mengangkat sel kulit mati ini cukup efektif untuk mengatasi komedo.

3. Gunakan tea tree oil

minyak pohon teh

Pakar kecantikan mengatakan Kamu bisa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke area yang terkena untuk membantu komedo di dagu dan hidung Kamu.  bahan ini bekerja sebagian dengan membunuh bakteri. Minyak pohon teh tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

Tidak ada yang membicarakan bahan-bahan produk kecantikan yang berbahaya ini, tetapi semua orang harus melakukannya. Kamu juga bisa memilih produk perawatan wajah yang memiliki kandungan minyak pohon teh tersebut. atau bisa juga membeli minyak tersebut untuk kamu oleskan di wajah secara langsung.

4. Cara menghilangkan komedo dengan kunyit kasturi

kunyit

Kunyit dapat kamu gunakan untuk membantu mengatasi komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Penting untuk diperhatikan bahwa kunyit biasa dapat menodai kulit, namun kamu bisa menggunakan jenis kunyit kasturi sehingga tidak meninggalkan noda kuning pada wajah.

Untuk menggunakan, ambil satu sendok makan kunyit kasturi dan campur dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke wajah Kamu dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas. Kunyit sendiri memang memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh, termasuk dapat kamu jadikan sebagai cara menghilangkan komedo yang ampuh.

BACA JUGA: 4 Tips Mencerahkan Kulit yang Mudah Dilakukan

By Intan