Gourmetamigurumi.com – Cara menghilangkan ketombe alami. Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang terbilang cukup mengganggu. Tidak hanya pada wanita, bahkan pria pun sering mendapati permasalahan tersebut. Seiring berjalannya waktu dan teknologi, tidak sedikit produk kecantikan yang memproduksi perawatan rambut untuk menghilangkan ketombe.

Namun sebagai alternatif lain, kamu bisa menggunakan perawatan alami untuk menghilangkan ketombe. Lalu bagaimana caranya? Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami.

cara menghilangkan ketombe alami

1. Lidah Buaya

Merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal baik untuk kesehatan rambut. Lidah Buaya sendiri di percaya dapat membantu membunuh jamur sekaligus mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab ketombe. Ambilah 1 batang lidah buaya yang berukuran besar, kemudian keluarkan daging lidah buaya yang berbentuk gel. Terakhir oleskan daging lidah buaya secara merata pada kulit kepala. Diamkan 15 menit lalu bilas kulit kepala hingga bersih.

2. Larutan Cuka Apel

Cuka apel terbukti efektif untuk menghilangkan ketombe karena kandungan pH- yang ada dalam cuka apel mampu membasmi jamur penyebab ketombe. Siapkan terlebih dahulu seperempat gelas cuka apel dan campurkan air secukupnya. Kemudian masukkan larutan cuka apel ke dalam botol spray dan semprotkan larutan cuka apel pada rambut. Terakhir tutup rambut dengan shower cup atau bisa juga menggunakan handuk. Diamkan selama 30 sampai 60 menit untuk kemudian membilas rambut hingga bersih.

cara menghilangkan ketombe alami

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil merupakan salah satu bahan alami yang terkenal efektif untuk menghilangkan ketombe. Hal ini di karenakan Tea Tree Oil mengandung anti bakteri sekaligus anti inflamasi yang terbukti mampu mengatasi masalah ketombe dan dermatitis pada kulit kepala. Untuk penggunaannya, kamu bisa mengoleskan Tea Tree Oil pada kulit kepala sekaligus dengan memijatnya. Lakukan secara rutin untuk memberikan hasil yang maksimal.

4. Larutan Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang di percaya menjadi obat ketombe alami adalah larutan jeruk nipis. Sebagai informasi tambahan, jeruk nipis mengandung beragam vitamin dan juga mineral seperti Vitamin B1, B2, B3, B4, C, Kalsium, bahkan hingga Fosfor. Berbagai vitamin yang ada dalam jeruk nipis tersebut terbukti mampu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Kamu bisa mencampur air perasan jeruk nipis yang sudah di campur dengan air. Oleskan perasan jeruk nipis secara merata pada rambut, tunggulah 15 menit untuk kemudian membilasnya dengan air hingga bersih.

cara menghilangkan ketombe alami

5. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa sendiri memiliki kandungan vitamin E yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Lebih dari itu kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe. Namun untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat alami ketombe, kamu bisa mengoleskannya pada kulit kepala sembari memijatnya secara lembut. Hanya saja pastikan terlebih dahulu kulit kepala dalam keadaan kering. Tunggu hingga 1 jam kemudian cucilah rambut seperti biasa.

6. Minyak Kemiri

Minyak Kemiri memang terkenal ampuh untuk pertumbuhan rambut. Namun tahukah kamu, minyak kemiri sendiri rupanya mampu membantu untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya sendiri kamu bisa lakukan 30 menit sebelum keramas. Oleskan minyak kemiri untuk kemudian bersihkan dengan sampo dan air mengalir saat keramas.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan ketombe secara alami yang bisa di praktekkan. Karena menggunakan bahan alami, tentu kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanannya.

Baca Juga :

***