tips produktif selama wfh

COVID-19 belum berakhir, ini tandanya kamu masih banyak bekerja secara WFH atau kerja dari rumah bukan? Hal ini sebenarnya banyak memiliki kelebihan, kamu bisa kerja dengan leluasa di rumah serta waktunya pun cenderung lebih fleksibel, yang penting target harian terpenuhi. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat mengatur waktu dengan baik selama WFH, alhasil, kerjaan justru jadi terbengkalai. Tapi, tenang saja, kami memiliki beberapa tips produktif selama WFH untuk kamu. 

1. Bersiaplah untuk Hari Kerja yang akan kamu jalani

tips produktif selama wfh

Apa pakaian favorit kamu saat bekerja dari jarak jauh? Pasti baju tidur atau baju yang santai bukan? Kamu mungkin berpikir ini bukan masalah bukan? Padahal, lebih baik untuk bekerja seperti biasa. Berpakaianlah yang rapi bahkan mandi supaya tubuh segar untuk memulai aktivitas pekerjaan hari ini. Kamu tidak perlu menggunakan pakaian formal, cukup rapih tapi nyaman. Dengan begitu, kamu akan ingat bahwa ini jam kerja, bukan liburan. 

2. Pilih ruangan yang Tepat

Apa hal terbaik tentang bekerja dari rumah? Kemungkinan besar, tingkat kenyamanan.

Namun, tahukah kamu bahwa kenyamanan ini dapat mengorbankan produktivitas, fokus, dan target sasaran yang hilang?

Meskipun bekerja di rumah nyaman bagi banyak orang karena mereka dapat mengurung diri di tempat tidur atau sofa, menolak godaan tidur dengan rutinitas tidur yang tidak terlalu sehat menjadi tantangan tersendiri.

Dengan begitu, produktivitas kamu pun akan terganggu bukan? Jangan sampai jam kerja malah buat nonton dan tiduran seharian. Ini bukan hanya membuatmu menjadi tidak produktif, tapi juga keteteran. Oleh karena itu, memiliki ruang khusus untuk diri sendiri akan sangat membantu.

Ketika lingkungan memberi kamu getaran kerja, jadi pastikan buat ruangan yang tidak akan menggangu kamu selama jam kerja. 

Tips produktif saat WFH adalah dengan memilih sudut ruangan dengan pencahayaan alami yang baik.  jika memungkinkan siapkan dengan kursi yang nyaman untuk kamu duduki, selama sekitar 8 jam sehari. Jangan lupa tempatkan meja di sebelahnya. Simpan bahan yang kamu butuhkan seperti buku, pulpen, botol air dan penunjang lainnya.

Ruang kerja khusus akan memungkinkan kamu untuk tetap berorientasi pada pekerjaan 

3. Pastikan jaringan internet lancar

tips kerja selama wfh

Bekerja dari jarak jauh dapat memiliki sisi positif dan negatif. Meskipun kita senang bekerja dengan kecepatan kita sendiri, koneksi internet yang buruk atau sistem yang ketinggalan jaman bisa membuat frustasi.

Apa yang terjadi jika kamu harus menghadiri rapat penting melalui aplikasi facetime dan kehilangan koneksi internet? Atau apakah suara kamu ternyata tidak cukup jelas karena masalah jaringan yang buruk? Jadi pastikan koneksi internet berjalan lancar. 

Konektivitas internet yang baik adalah alat utama untuk WFH. 

BACA JUGA: Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

By Intan