skincare untuk kulit berminyak

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang menyebalkan, terutama jika di musim panas. Cuaca yang terik membuat wajah semakin lengket. Namun, tak perlu khawatir, kami memiliki sejumlah tips skincare untuk kulit berminyak yang sebaiknya kamu gunakan. Berikut ulasannya

1. Oleskan Moisturizer

skincare untuk kulit berminyak

Salah satu langkah utama yang harus kamu lakukan saat cuaca terik alias panas adalah beralih ke pelembab ringan. Kamu pasti berpikir mengapa kamu harus mengaplikasikan pelembab ketika wajah kamu sangat berminyak. 

Ini karena pelembab menghidrasi kulit dan mencegah sekresi sebum yang berlebihan. Ini, pada gilirannya, dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah

Kulit memiliki lapisan berbeda yang melindunginya dari lingkungan dan juga menjaga hidrasi di seluruh kulit. Jika kamu terlalu sering mencuci wajah, kulit kehilangan kelembapan yang sangat ia perlukan. Bukannya mengontrol minyak, wajahmu justru akan semakin berminyak, lho

3. Gunakan Blotting Papers

Selalu bawa Blotting Papers saat kamu keluar dan gunakan kertas ini saat minyak di wajah kamu sudah berlebih. Tepuk lembut kertas kecil tipis ini pada area kulit yang berkilau dan tampak kotor untuk menghilangkan sebum berlebih.

Kelengketan akan hilang seketika. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat mengeluarkan minyak yang diperlukan oleh kulit dan dapat memicu produksi minyak dari kelenjar sebaceous.

4. Eksfoliasi Kulit, Tapi Hati-hati!

Kamu harus melakukan eksfoliasi wajah sekali atau dua kali seminggu untuk mengelupas sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Namun, pengelupasan wajah yang berlebihan dapat merusak lapisan pelindung kulit menghilangkan minyak esensial dan kelembapan dari kulit. Ini dapat merangsang produksi sebum berlebih.

BACA JUGA: Hilangkan Jerawat, Ini Manfaat Minyak Lavender untuk Kulit

5. Oleskan Tabir Surya

Berada di bawah sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak, membuat kulit semakin berminyak. Jadi, pastikan kamu mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

6. Gunakan Masker Wajah

Produk yang sebaiknya kamu gunakan dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak yakni masker. Menggunakan masker wajah alami seperti cendana atau multani mitti membantu mendapatkan kulit yang sehat seperti apa yang kamu impikan. Masker Wajah ini membantu menyerap minyak berlebih dari wajah, menghilangkan kotoran dan bakteri, dan juga menenangkan kulit yang stres akibat cuaca yang terlampau terik.

7. Selalu Gunakan Toner

skincare untuk kulit berminyak

Tambahkan toner ke rangkaian skincare kamu jika cuaca sedang panas. Sifat astringent dari toner mampu menenangkan kulit, mengecilkan pori-pori terbuka yang membantu mengontrol produksi minyak yang berlebihan.

Jadi pastikan untuk tidak lupa menggunakan toner. 

Itulah beberapa rangkaian skincare untuk wajah berminyak yang perlu kamu gunakan saat musim panas tiba. Apalagi, cuaca di Indonesia cenderung selalu terik dan panas, jadi jangan sampai kulitmu semakin berminyak karena salah menggunakan skincare, ya. 

BACA JUGA: Manfaat Minyak Esensial Lemon Untuk Kesehatan dan Kulit

By Intan