manfaat minyak esensial oil

Minyak esensial lemon adalah bahan alami yang juga memiliki kegunaan sebagai obat kesehatan rumah. Jenis minyak ini merupakan ekstrak dari kulit lemon segar. Minyak esensial tersebut dapat kamu encerkan dan kamu oleskan ke kulit. Selain memiliki wangi yang menyegarkan, minyak ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat minyak esensial lemon untuk kesehatan. 

1. Manfaat Minyak Esensial Lemon untuk Kesehatan

manfaat minyak esensial lemon

Kamu mungkin sudah tahu jika aroma minyak ini dapat menenangkan. Namun, ternyata tak hanya itu. Ada sejumlah manfaat lain yang perlu kamu ketahui, dari manfaat kesehatan tubuh hingga kulit. Ini dia daftarnya.

Dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi

Kamu mungkin telah memperhatikan bahwa ketika menggunakan produk beraroma lemon untuk membersihkan rumah, kamu akan merasa lebih rileks dan suasana hati yang lebih baik sesudahnya.

Sebuah studi tahun 2006 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak esensial lemon adalah agen penenang dan perbaikan suasana hati yang kuat selama tiga percobaan uji stres.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara alami mengatasi stres atau rasa tertekan yang sedang terjadi pada kamu. 

2. Dapat meredakan gejala morning sickness

Mual dan muntah adalah dua gejala paling umum yang wanita alami pada awal kehamilan.

Dalam sebuah studi tahun 2014 dari 100 wanita hamil, aromaterapi dengan minyak esensial lemon ternyata dapat menurunkan tingkat mual dan muntah secara signifikan.

3. Dapat membuat kulit menjadi lebih sehat

Minyak lemon adalah salah satu dari beberapa minyak esensial yang dapat membunuh bakteri berbahaya yang dapat tumbuh di kulit.

Penelitian lain telah mengkonfirmasi efek minyak esensial lemon terhadap bakteri penyebab infeksi dan dapat mencegah peradangan kulit, 

Minyak ini juga mempunyai sifat pelindung, seperti antioksidan, yang dapat mencerahkan dan menjaga warna kulit.

BACA JUGA: Hilangkan Jerawat, Ini Manfaat Minyak Lavender untuk Kulit

4. Dapat bertindak sebagai pereda nyeri

Minyak esensial lemon terkadang bisa kamu gunakan dalam aromaterapi sebagai analgesik alami. Efek anti-stres dan antidepresan dari minyak ini mungkin ada hubungannya dengan bagaimana membantu tubuh kita menafsirkan rasa sakit kita tanpa panik.

5. Manfaat essential oil lemon untuk kesehatan adalah meredakan sakit tenggorokan.

manfaat minyak esensial oil

Jika kamu masuk angin atau mengalami sakit tenggorokan, minyak esensial lemon adalah obat rumahan yang baik untuk kamu coba.

Coba siapkan diffuser dengan minyak lemon untuk mengeluarkan aromanya yang manis dan tajam di kamar saat kamu istirahat. Sifat menenangkan dari minyak lemon dapat membantu mengendurkan pikiran dan otot di tenggorokan.

Itulah beberapa manfaat minyak esensial lemon yang perlu kamu ketahui. Ternyata, manfaatnya sendiri sangat beragam sekali bukan? Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menggunakannya sebagai obat alami yang aman untuk kamu gunakan?

BACA JUGA: Catat! Ini Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit

By Intan