Gourmetamigurumi.com – Makanan asam folat untuk ibu hamil. Ibu Hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuuhan janin secara maksimal. Salah satu zat yang penting dan tidak boleh di tinggalkan adalah Asam Folat. Terlebih lagi Asam Folat sendiri berfungsi sebagai proses pembelahan sel dan pembentukan DNA. Selain itu zat ini juga di gunakan untuk membuat darah ekstra yang di butuhkan tubuh selama kehamilan.

Kamu bisa menemukan kandungan asam folat secara alami dari berbagai makanan. Sebagai informasi tambahan, asam folat biasa di kenal dengan vitamin B9. Merupakan vitamin yang terbilang akan larut dalam air dan memiliki banyak fungsi baik dalam tubuh.

Lalu apa saja makanan yang mengandung asam folat sehingga baik untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa ulasannya !

1. Telur

telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung asam folat. Bahkan tidak hanya asam folat, telur juga memiliki kandungan lain yang baik seperti protein, selenium, riboflavin, hingga vitamin B12. Selain itu telur juga terbilang tinggi akan kandungan lutein dan zeaxanthin di mana 2 anatioksidan tersebut dapat membantu mengurangi resiko gangguan mata seperti degenerasi makula.

2. Sayuran berdaun hijau

sayuran hijau

Ada banyak jenis sayuran berdaun hijau mulai dari bayam, kangkung, bahkan hingga arugula yang rendah kalori sekaligus memiliki kandungan vitamin dan mineral termasuk asam folat. Sayuran hijau sendiri tinggi akan Serat, vitamin A, dan K yang selalu di kaitkan dengan beberapa manfaat baik untuk kesehatan. Saat hamil, mengkonsumsi sayuran berdaun hijau bisa menjadi pilihan yang tepat demi tumbuh kembang janin secara baik dan maksimal.

3. Kubis Brussel

kubis brussel

Merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral terutama asam folat. Dalam 1 porsi kubis dengan berat 78 gram, kubis Brussel yang di masak dapat mamasok 47 mcg folat atau 12% dari asupan harian. Sebagai informasi tambahan, sayuran jenis ini menjadi sumber kaemprefol yang bagus terutama untuk ibu hamil.

4. Alpukat

asam folat untuk ibu hamil

Merupakan salah satu buah yang memiliki tekstur lembut dan serupa dengan mentega. Alpukat rupanya masuk dalam makanan yang mengandung asam folat. Lebih dari itu, bahkan dalam setengah buah alpukat mentah mengandung 82 mcg folat atau sekitar 21% dari jumlah yang di butuhkan sepanjang hari. Alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

5. Pisang

asam folat untuk ibu hamil

Kamu akan mudah menemukan pisang terutama di tanah Indonesia. Merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin dan juga mineral. Selain itu pisang juga menjadi pembangkit tenaga nutrisi termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat. Dalam pisang berukuran sedang dapat memasok 23,6 mcg folat atau 6% dari DV. Tidak hanya itu saja, bahkan pisang juga kaya akan nutrisi baik lainnya seperti potasium, vitamin B6, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Salmon

asam folat untuk ibu hamil

Salmon menjadi salah satu makanan yang tinggi asam folat sehingga baik untuk kesehatan janin. Bagaimana tidak, salmon sendiri merupakan salah satu makanan paling bergizi dan dapat mengurangi resiko dari beberapa penyakit. Bahkan menurut dietandfitnesstoday, jumlah asam folat tertinggi di temukan pada ikan salmon.

Nah itulah beberapa makanan yang mudah ditemukan dan mengandung tinggi asam folat sehingga baik untuk kesehatan sekaligus perkembangan janin.

Baca Juga :

***