Gourmetamigurumi.com – Daftar KIP Kuliah. Pemerintah menggencarkan program yang memudahkan masayarakat dalam melakukan semua hal. Khususnya pada masyarakat kurang mampu, pemerintah memiliki program KIP atau Kartu Indonesia Pintar yang memungkinkan semua masyarakat mendapatkan pendidikan yang sama untuk semua kalangan.

Selain itu tidak hanya untuk perogram sekolah saja, bahkan kamu bisa mendapatkan KIP bahkan jika sudah berkuliah sekalipun. Dengan begitu nantinya semua masyarakat akan mendapatkan hak berpendidikan setinggi – tingginya tanpa pandang bulu.

Sebenarnya KIP kuliah sendiri bukanlah beasiswa pendidikan melainkan bantuan biaya pendidikan yang di berikan kepada siswa dan mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi. Bahkan bantuan ini juga bisa di dapatkan baik untuk kamu yang melanjutkan pendidikan di PTN maupun PTS.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai KIP kuliah, kamu bisa mendapatkan informasi dengan lebih lengkap pada website resmi kip-kuliah.kemendikbud.go.id.


Syarat penerima KIP Kuliah

Untuk bisa merasakan program pemerintah berupa KIP Kuliah, tentunya ada beberapa syarat yang harus di penuhi terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persyaratannya :

Syarat penerima KIP Kuliah
  • Siswa SMA sederajat yang akan lulus sekolah.
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi.
  • Siswa SMA sederajat yang lulus pada tahun berjalan dan memiliki potensi akademik yang baik serta memiliki KIP atau kartu keluarga sejahtera dan terdata di Kementrian Sosial.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan di terima di PTN maupun PTS.

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran KIP kuliah, sebenarnya cara yang bisa di lakukan cenderung mudah. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memenuhi persyaratan yang di tentukan. Berikut ini beberapa tahapan dalam pendaftaran KIP Kuliah :

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah
  • Nantinya siswa bisa mendaftar secara mandiri melalui website resmi atau bisa juga mendaftar melalui aplikasi KIP Kuliah.
  • Kemudian masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang aktif.
  • Selanjutnya sistem akan melakukan validasi dari data yang sudah di masukan sebelumnya dan menentukan kelayakan siswa tersebut untuk mendapatkan KIP Kuliah.
  • Apabila validasi berhasil di lakukan. Maka siswa akan dikirimkan nomor pendaftaran dan kode akses melalui email yang sudah di daftarkan sebelumnya.
  • Kemudian siswa memilih jalur seleksi yang akan di tempuh mulai dari SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, hingga jalur Mandiri.
  • Selanjutnya siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai dengan jalur yang di pilih.
  • Nantinya calon penerima KIP Kuliah yang telah di nyatakan di terima di Perguruan Tinggi dapat melakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi terkait sebelum akhirnya di usulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Manfaat KIP Kuliah

Manfaat KIP Kuliah

Pemerintah membuat program tentunya memiliki manfaat untuk semua masyarakat yang mendapatkannya. Adapun manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu di terima sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah adalah subsidi biaya hidup berupa uang tunai sebesar Rp 700 ribu perbulan. Namun untuk angka pastinya sendiri, nantinya akan di sesuaikan dengan biaya hidup dari setiap daerah yang bersangkutan akan menjalani pendidikan.

Nah itulah beberapa informasi seputar daftar KIP Kuliah. Untuk bisa mengikuti tahapan pendaftaran, pastikan jika sebelumnya kamu sudah memenuhi syarat pendaftaran agar proses validasi bisa di terima. Kamu akan merasakan manfaat dari program pemerintah melalui KIP Kuliah. Jika kamu memiliki keterbatasan ekonomi dan tetap bersemangat untuk melanjutkan pendidikan.***