manfaat baking soda untuk kesehatan

Soda kue (baking soda) atau yang juga terkenal dengan natrium bikarbonat, seringkali kita gunakan untuk memanggang kue. Ini karena baking soda memiliki sifat ragi. Dengan begitu, adonan akan mengembang dengan menghasilkan karbondioksida. Ternyata, selain untuk memasak, manfaat baking soda juga masih banyak, yakni dari mulai untuk kebutuhan rumah tangga hingga bermanfaat untuk kesehatan. berikut beberapa manfaat baking soda untuk kesehatan. 

1. Manfaat baking soda untuk kesehatan: mengobati sakit maag

manfaat baking soda untuk kesehatan

Sakit maag atau refluks asam merupakan sensasi terbakar yang menyakitkan yang muncul di bagian atas perut dan dapat menyebar ke tenggorokan.

penyebab maag sendiri adalah refluks asam yang keluar dari perut dan naik ke kerongkongan, yakni saluran yang menghubungkan perut ke mulut.

Beberapa penyebab umum refluks adalah makan berlebihan, stres, dan makan makanan berminyak atau pedas.

Soda kue dapat membantu mengatasi mulas dengan menetralkan asam lambung. Larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam segelas air dingin dan minum campuran tersebut secara perlahan.

Ada beberapa perdebatan mengenai apakah setiap orang dengan gejala sakit maag sebenarnya memiliki asam lambung yang tinggi. Soda kue mengandung natrium yang sangat tinggi yaitu 629 mg per 1/2 sendok teh. Penggunaan untuk jangka panjang sebenarnya tidak dianjurkan. Pasalnya, penggunaan berkelanjutan dapat menyebabkan alkalosis metabolik dan masalah jantung.

2. Manfaat baking soda untuk kesehatan: sebagai obat kumur

obat kumur

Obat kumur adalah tambahan yang bagus untuk rutinitas kebersihan mulut yang baik. Alasannya karena dapat mencapai sudut mulut dan celah gigi, gusi, dan lidah, yang mungkin terlewat saat menyikat gigi. 

Banyak orang menggunakan soda kue sebagai pengganti obat kumur. Beberapa penelitian menunjukkan menunjukan pembenaran atas hal ini. Karena soda kue dapat membantu menyegarkan napas dan bahkan memberikan sifat antibakteri dan antimikroba.

Namun, satu penelitian menemukan bahwa obat kumur soda kue tidak secara signifikan menurunkan kadar bakteri mulut, meskipun hal itu menyebabkan peningkatan pH saliva, yang penting untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Kamu bisa membuat obat kumur menggunakan soda kue dengan sangat mudah. Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue ke setengah gelas air hangat, lalu berkumur seperti biasa.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Jadi Pelembab Alami!

3. Meredakan sariawan

sariawan

Sariawan adalah bisul kecil yang menyakitkan yang bisa terbentuk di dalam mulut.Sariawan tidak terbentuk di bibir dan tidak menular.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa obat kumur soda kue sangat bagus untuk meredakan rasa sakit yang akibat sariawan.

Untuk meredakan sariawan kamu bisa menggunakan resep yang sudah ada di poin sebelumnya. Mudah sekali untuk kamu lakukan bukan?

4. Memutihkan gigi

gigi putih

Soda kue adalah obat rumahan yang populer untuk memutihkan gigi. Banyak penelitian telah menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak daripada pasta gigi tanpa soda kue.

Hal ini kemungkinan karena soda kue memiliki sifat abrasif ringan yang memungkinkannya memutuskan ikatan molekul yang menodai gigi dan menyebabkan gigi menguning. soda kue juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya 

5. Sebagai deodoran

deodoran

Apakah kamu tahu, jika sebenarnya keringat manusia tidaklah berbau?. Keringat hanya akan berbau setelah diurai oleh bakteri yang ada di ketiak. Bakteri ini mengubah keringat menjadi produk limbah asam yang mengeluarkan bau.

Soda kue dapat menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya menjadi tidak terlalu asam. Cobalah menepuk soda kue ke ketiak, dan kamu akan merasakan perbedaannya. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Lemon untuk Kulit dan Efek Negatifnya

By Intan