Gourmetamigurumi.com – Manfaat sayur pakis. Mengkonsumsi sayuran memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini di karenakan manfaat dan nutrisi yang ada di dalamnya. Selain itu di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sayuran yang mudah di temui seperti salah satunya adalah pakis. Memiliki nama latin Matteuccia struthioreris, nyatanya sayur pakis memiliki banyak manfaat baik dengan proses pengolahan yang mudah.

Sebagai informasi tambahan, sayur pakir bisa tumbuh bahkan hingga 1,5 meter dengan lekukan berbentuk U di sisi batang. Kemudian daunnya menyirip berwarna hijau.

Lalu apa saja manfaat sayur pakis untuk kesehatan? Simak ulasan di bawah ini !

manfaat sayur pakis

Manfaat sayur pakis untuk kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat sayur pakis untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini di karenakan sayur pakis memiliki kandungan kalium dan naisin di mana keduanya memiliki nutrisi baik yang berkontribusi untuk kesehatan jantung. Terlebih lagi kalium sendiri di percaya mampu membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

2. Mengatasi anemia

Untuk ibu hamil, sayur pakis bermanfaat untuk mencegah anemia. Di mana anemia adalah kondisi di mana kadar sel darah merah yang berkurang sehingga menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi dalam tubuh bisa terganggu. Sayur pakis di kenal sebagai sumber zat besi yang baik, di mana mineral yang ada dalam jenis sayuran ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah. Lebih dari itu, bahkan pakis juga kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu penyerapan zat besi yang baik dan maksimal.

3. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat lainnya yang ada dalam sayur pakis adalah baik untuk kesehatan mata. Sayur pakis memiliki sumber vitamin A yang baik sehingga mampu meningkatkan pengelihatan dan mencegah terjadinya rabun senja. Selain itu vitamin A yang ada dalam sayur pakir juga di kenal mampu menurunkan resiko degenerasi makula, glaukoma, pengelihatan malam yang buruk, mata kering, bahkan hingga katarak.

manfaat sayur pakis

4. Menyembuhkan migrain

Kandungan lainnya yang ada dalam sayur pakis adalah riboflavin atau vitamin B2. Di mana kandungan vitamin tersebut di percaya efektif untuk mengatasi permasalahan sakit kepala sebelah. Selain itu vitamin B2 juga menjadi peran utama dalam fungsi mitokondria yang di kenal sebagai pembangkit tenaga sel.

5. Mencegah terjadinya kanker

Serupa dengan jenis sayuran pada umumnya, pakis memiliki kandungan yang kaya antioksidan sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit kanker. Selain itu antioksidan dalam sayur pakis seperti beta-karoten, vitamin A dan C di percaya mampu melindungi sel dari radikal bebas penyebab kanker.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain yang ada dalam sayuran pakis adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini di karenakan serat makanan yang ada dalam sayur pakis mampu menekan nafsu makan yang kuat dan membutuhkan waktu lama untuk akhirnya bisa di cerna. Sehingga dengan makan sayur pakis, nantinya kamu akan merasa kenyang bahkan dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga membuat asupan kalori berkurang.

manfaat sayur pakis

7. Sebagai anti inflamasi

Sayur pakis merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin A sehingga di percaya mampu membantu menghilangkan radikal bebas Selain itu vitamin A yang ada dalam sayur pakis juga di percaya membantu mengurangi kemungkinan alergi makanan.

8. Atasi gangguan tulang

Memiliki kandungan seng, tembaga, dan kalsium, sayur pakis di percaya membantu menurunkan kemungkinan tulang keropos. Mengkonsumsi sayur pakis mampu membentuk enzim, dan harmon pengatur ulang yang terlibat dalam proses metabolisme tulang. Selain itu manfaat lainnya yang ada dalam sayur pakis di percaya membantu mengobati osteoporosis secara alami.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat sayur pakis yang baik untuk kesehatan tubuh. Pastikan untuk kamu rutin mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Baca Juga :

***