Gourmetamigurumi.com – Manfaat dan efek samping sayur kangkung. Siapa yang tidak mengenal sayuran hijau bernama kangkung? Terbilang cukup populer di Indonesia, sayur kangkung memiliki banyak resep dengan citarasa yang lezat dan sulit untuk dilupakan. Selain itu tekstur kangkung sendiri cukup renyah dan berkhasiat.

Sebagai informasi tambahan, Kangkung memiliki kandungan vitamin A, D, C, B12, B6, zat besi, kalsium, magnesium, dan beberapa kandungan lainnya. Dengan banyak nutrisi baik yang ada pada kangkung, tentu menjadikan makanan ini cukup baik jika di konsumsi oleh tubuh.

Lalu apa saja manfaat kangkung bagi kesehatan dan apakah ada efek samping jika di konsumsi secara terus menerus? Marilah kita bahas bersama !

manfaat sayur kangkung

Manfaat Sayur Kangkung

Ada beberapa manfaat baik dari seringnya mengkonsumsi sayur kangkung, adapun manfaat sayur kangkung di antaranya adalah :

1. Menjaga fungsi hati

Sering mengkonsumsi sayur kangkung di percaya mampu membuat organ hati bekerja dengan optimal. Selain itu menurut keterangan beberapa ahli, kangkung memiliki kandungan alami berupa enzim sehingga mencegah fungsi hati dari kerusakan sekaligus menjaga hati agar tetap bersih dari racun berbahaya.

2. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi hal yang berbahaya dan tidak bisa di anggap sepele. Nyatanya kangkung juga di lengkapi dengan berbagai mineral yang di butuhkan oleh tubuh seperti Natrium dan Kalium. Dengan begitu saat mengkonsumsi kangkung maka bisa mencegah dehidrasiserta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat lainnya yang ada pada sayur kangkung adalah mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami. Bahkan beberapa penelitian juga membuktikan dengan menjadikan tikus sebagai bahan praktekknya. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah tikus yang mengkonsumsi kangkung mengalami penurunan kolesterol dan Triglycoside.

manfaat sayur kangkung

4. Mampu mencegah anemia

Anemia bisa di sebut juga dengan kekurangan sel darah merah dan tentunya bisa di alami oleh siapapun. Untuk mengtasi anemia, maka kamu bisa mengkonsumsi sayur kangkung secara rutin. Hal ini di karenakan kangkung mengandung zat besi dan fosfor yang mampu menyuplai oksigen ke dalam sel darah merah.

5. Menjaga kesehatan mata

Mata memiliki peranan yang cukup penting bagi manusia. Siapa sangka bahwa kangkung juga menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung vitamin A sehingga bagus untuk melindungi kornea mata dengan memberi lapisan pelindung agar terhindar dari bakteri dan virus.

6. Baik untuk pencernaan

Kangkung memiliki kandungan yang cukup banyak serat. Dengan begitu manfaat lain pada sayuran hijau ini adalah baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu kangkung juga membantu gangguan yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti sembelit. Terlebih lagi kangkung juga mengandung lateks yang mampu mengatasi infeksi cacing dalam usus.

manfaat sayur kangkung

Efek Samping Sayur Kangkung

Jangan senang dulu, sayur kangkung tidak hanya memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Nyatanya sayuran yang satu ini juga memiliki efek samping jika terus di konsumsi dalam jumlah banyak. Berikut adalah beberapa efek samping mengkonsumsi kangkung.

1. Asam Urat

Jika kamu memiliki penyakit asam urat, di sarankan untuk membatasi konsumsi kangkung. Hal ini di karenakan mengkonsumsi kangkung secara berlebihan memungkinkan asam urat menjadi kambuh. Selain itu yang lebih parah adalah pembengkakan sekaligus nyeri sendi.

2. Alergi

Efek samping lainnya yang bisa saja di akibatkan oleh konsumsi kangkung berlebihan adalah menimbulkan efek alergi. Selain itu efek yang muncul biasanya berupa gatal-gatal, ruam merah pada kulit, atau yang paling parah yakni menyebabkan pusing.

Demikian penjelasan mengenai apa saja manfaat sekaligus efek samping yang ada pada sayuran hijau bernama kangkung. Meskipun baik untuk kesehatan, pastikan agar tidak menkonsumsi kangkung secara berlebihan.

Baca Juga :

***