membaca cepat

Membaca cepat merupakan salah satu teknik yang dapat Anda gunakan untuk memahami isi bacaan akan tetapi harus segera menyelesaikan bacaan. Misalnya saja pas ujian atau saat membaca dokumen yang harus segera terolah ke dalam data dan Anda berpacu dengan waktu. Teknik membaca cepat sangat Anda perlukan dalam mengatasi keadaan ini.

Membaca merupakan kegiatan tamasya pengetahuan yang membius. Bagaimana tidak, Anda membutuhkan waktu luang yang banyak untuk menyelesaikan sebuah buku lebih dari 200 halaman. Namun begitu, semua terbayar ketika Anda tidak hanya mendapatkan wawasan yang semakin luas, tetapi juga mampu menemukan pencerahan dan ide yang tidak terhingga.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak, bercengkerama dengan sebuah buku mungkin menjadi persoalan tersendiri. Jangankan bisa menyelesaikannya dengan cepat, baru mulai ingin membaca saja adakalanya tidak mudah.

Tapi tidak usah khawatir, sebab ada solusi cara membaca cepat, tepat dan efektif namun tidak mengurangi esensi dari buku itu sendiri. Teknik ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk menjelajah lebih banyak buku dan lautan pengetahuan dengan kecepatan penuh.

Berikut ini adalah tips membaca cepat, tepat dan efektif membaca buku tanpa kehilangan makna atau esensinya.

Teknik Membaca Skimming

membaca cepat skimming

Skimming adalah membaca bagian awal sebuah bacaan secara cepat untuk memperoleh gambaran umum atau inti dari buku tersebut. Cari dan surveilah isi buku tersebut dengan membaca cepat bagian awal setiap babnya hingga Anda menemukan bagian yang Anda cari.

Teknik ini hanya membaca cepat dengan mendapatkan ide utama tentang topik yang Anda baca. Anda tidak harus membaca kata demi kata yang akan memakan waktu sangat panjang. Anda dapat berhasil melakukan skimming apabila sudah memahami inti bacaan secara keseluruhan hanya dengan membaca topiknya.

Memang tidak mudah melakukan ini dan butuh jam terbang bertahun-tahun dan sering melatihnya.

Teknik Membaca Cepat Dengan Scanning

teknik membaca cepat scanning

Banyak yang menggunakan teknik ini untuk mencari nomor di buku telepon, mencari kata di kamus, mencari halaman dalam daftar isi majalah atau buku, mencari acara siaran TV, jadwal perjalanan, jadwal praktek dokter, dan sebagainya. Intinya membaca scanning memerlukan kecepatan dan ketepatan.

Untuk memudahkan dalam membaca scanning maka Anda dapat menyusun sesuatu secara alfabetis, sesuai dengan kronologis, dan juga terkategori. Anda harus mampu menjaga konsentrasi dan perhatian akan suatu kata kunci dari informasi sembari melakukan penelusuran dengan cepat.

Anda juga dapat menggunakan alat bantu seperti pensil atau bolpoin untuk mempermudah proses scanning. Beberapa orang dapat menerapkan teknik ini akan tetapi sebagian orang kesulitan dan merasa terganggu saat mereka menggunakan alat bantu.

Teknik Membaca Cepat Mencari Kalimat Topik

mencari kalimat topik

Dalam sebuah paragraf pastinya ada sebuah kalimat topik yang mencerminkan isi dari paragraf tersebut. Penulis biasanya menempatkannya di depan atau di belakang dari sebuah paragraf. Dengan membaca cepat dan menemukan kalimat topik utamanya, akan mempermudah Anda untuk lanjut ke bacaan berikutnya. Setelah membaca semua kalimat topik dalam paragraf Anda akan dapat mengerti inti dari bacaan tersebut.

Lakukan ini sebelum Anda membaca lebih dalam. Membaca kalimat-kalimat topik akan berguna ketika Anda mendapatkan bacaan yang padat atau konten yang benar-benar asing/baru bagi Anda.

Membaca Secara Keseluruhan

membaca keseluruhan

Bacalah bagian utama atau bagian yang padat dari bacaan tersebut untuk menyaring bukti-bukti pendukung atau mendapatkan isi dari apa yang Anda cari. Bacalah perlahan, berikan perhatian pada hal-hal yang detil. Analisalah isi bacaan Anda dengan menghubungkan ide-ide yang terkait, mempertimbangkan berbagai sudut pandang.

Anda juga dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dari bacaan tersebut, menerapkan ide atau mentransfer pengetahuan dari bacaan tersebut, serta mengevaluasi argumen sang penulis terhadap bukti-bukti yang ada pada bacaan.

Membaca sangat penting untuk kehidupan kita. Dengan lebih banyak membaca akan membuat pengetahuan lebih luas dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.

By Mita