Gourmetmigurumi.com – Makanan penyebab ambeien. Wasir atau ambeien merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Di mana biasanya penderita ambeien mengalami kesulitas saat buang air besar. Selain itu sebagai informasi tambahan, penyakit ambeien sendiri memiliki nama lain yakni Wasir. Di tandai dengan munculnya benjolan pada bagian anus yang di akibatkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah vena.

Penyakit ambeien juga bukanlah penyakit yang menular. Hanya saja bisa jadi di sebabkan karena faktor keturunan. Bahkan tidak jarang juga penyakit ambeien di alami oleh wanita hamil yang sedang sembelit.

Untuk meminimalisir penyakit ambeien, tentu ada beberapa makanan yang sebaiknya di hindari. Berikut adalah beberapa makanan penyebab ambeien !

makanan penyebab ambeien

Makanan penyebab ambeien

Agar ambeien tidak bertambah parah, tentu ada pantangan makan yang sebaiknya di hindari. Selain itu jika sebelumnya tidak memiliki penyakit ambeien, maka makanan di bawah ini bisa menjadi penyebab terjadinya ambeien.

1. Makanan pedas

Pastikan agar kamu menghindari konsumsi makanan pedas yang akan menyebabkan perut terasa panas. Hal ini di karenakan makanan pedas bisa menyebabkan munculnya feses menjadi berdarah. Selain itu jika sering mengkonsumsi makanan pedas biasanya akan memperparah bagian anus dan membuatnya semakin meradang.

2. Susu Sapi

Makanan lainnya yang sebaiknya harus di hindari adalah produk olahan susu sapi. Meskipun produk olahan susu sapi terbilang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, namun jika di konsumsi secara berlebih maka akan memperparah kondisi ambeien. Adapun beberapa makanan olahan susu sapi yang sebaiknya di hindari adalah keju, yogurt, mentega, dan masih banyak lagi yang lainnya.

makanan penyebab ambeien

3. Makanan tinggi lemak

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak biasanya akan menyebabkan wasir atau ambeien menjadi semakin parah. Hal ini di karenakan makanan yang tinggi lemak akan susah dicerna oleh sistem pencernaan. Selain itu makanan tinggi lemak juga bisa menyebabkan makanan menjadi mengeras dalam perut sehingga susah untuk dikeluarkan.

4. Daging Merah

Makanan lainnya yang sebaiknya dihindari oleh penderita ambeien adalah daging merah. Daging merah sendiri bisa meliputi daging sapi, kambing, kuda, bahkan hingga kerbau. Makanan berupa daging merah sendiri biasaya sangat susah untuk dicerna sehingga bisa menyebabkan sembelit dan memicu peradangan anus penyebab ambeien.

makanan penyebab ambeien

5. Soda dan alkohol

Merupakan salah satu makanan yang menyebabkan ambeien atau wasir. Sebaiknya untuk menghindari konsumsi soda maupun alkohol. Namun jika kamu tidak mengalami penyakit ambeien, maka konsumsi soda dan alkohol tidak terlalu sering di konsumsi.

6. Makanan olahan

Makanan olahan merupakan salah satu makanan penyebab terjadinya masalah ambeien. Selain itu makanan olahan sendiri biasanya akan di masak dengan proses pemanasan, pengeringan, makanan kaleng, pembekuan, dan serupa makanan kemasan. Terlebih lagi makanan olahan tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh menjadi menurun dan ambeien semakin bertambah parah.

Demikian penjelasan mengenai jenis makanan apa saja yang sebaiknya di hindari karena menyebabkan penyakit ambeien. Dari beberapa makanan di atas, manakah yang sering membuatmu tergoda?

Baca Juga :

***