macan

Museum bukan sesuatu yang membosankan lho. Sekarang ini banyak museum kekinian yang hits dan instagramable banget. Sudah bukan jamannya lagi museum yang memajang benda-benda bersejarah dengan media tulisan panjang yang membosankan. Sekarang sudah banyak nih museum kekinian yang berbasiskan teknologi dan multimedia yang akan memanjakan kamu sepanjang kunjungan.

Museum ini biasanya memajang benda-benda seni kontemporer seperti lukisan, artwork yang menarik, teknologi canggih dan mutakhir, dan banyak kelebihan lainnya. Tidak jarang nih anak-anak muda datang untuk mengunjungi museum dengan tujuan berfoto dan memajang di sosial media.

Ayo simak musem kekinian apa saja yang ada di Jakarta.

1. Museum Kekinian “MACAN”

Museum Macan Kekinian

Nah museum ini paling hits nih sepanjang 2018 dan 2019 banyak menarik minat pengunjung. Museum ini telah dibuka pertama kali pada tahun 2017. Nama MACAN adalah kepanjangan dari Modern And Contemporary Art in Indonesia. Museum ini banyak memamerkan karya milik kolektor seni Haryanto Adikoesoemo. Selain penyebutan macan, galeri seni ini juga memliki ruangan dengan konsep warna seperti bulu macan yang belang, dengan terjemahan seperti polkadot.

Museum ini adalah museum pertama di Indonesia yang memamerkan seni kontemporer, modern, dan internasional. Salah satu spot yang jadi favorit adalah Infinity Mirror Room karya seniman asal Jepang, Yayoi Kusuma. Saking booming-nya, nih, para pengunjung hanya memiliki waktu 45 detik untuk berfoto di spot ini.

2. Art:1 New Museum

Art:1 New Museum

Museum ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1983 yang bernama Mon Decor Gallery. lalu, mereka melakukan rebranding dan ditemukanlah nama Art:1 New Museum. Museum ini juga pernah mendapatkan penghargaan the best gallery of the year pada tahun 2010.

Di dalamnya terdapat lebih dari 2.500 karya seni yang sangat estetik dan bernilai tinggi. Beberapa merupakan koleksi karya dari seniman sesepuh Indonesia yang menakjubkan. Karya seni kontemporer dari seniman internasional pun ada. Karya yang paling banyak dipajang memanglah lukisan. Akan tetapi kalian juga dapat melihat karya lainnya seperti artwork 3 dimensi yang menarik.

3. Galeri Nasional Indonesia

galeri nasional indonesia

Orang sering menyebutnya dengan Galnas (Galeri Nasional). kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah yang mengelola museum ini. Jadi, museum ini milik pemerintah Republik Indonesia. Dulu, koleksi Galnas memang tidak semenarik sekarang. Sekarang penataan museum dan koleksi seni kontemporernya juga semakin berkembang. maka dari itu museum ini mulai banyak menerima kunjungan millenials.

Museum kekinian di Jakarta ini merupakan lembaga budaya untuk menggelar pameran. Nah, di lantai duanya kamu akan menemukan berbagai koleksi karya seni yang menarik dan instaworthy. Tak hanya untuk wisata, Galeri Nasional Indonesia juga menjadi sarana pengumpulan, perlindungan, perawatan, dan pengembangan kesenian.

4. Magic Art 3D Museum Kota Tua

Magic Art 3D Museum Kota Tua

Museum ini mengelola lukisan-lukisan 3D yang sangat terlihat nyata bila memotret menggunakan kamera. Magic Art 3D Museum baru-baru ini dibuka di Jakarta. Lokasinya di Gedung Kerta Niaga 1, Kota Tua, Jakarta Barat. Area Magic Art 3D Museum Jakarta cukup luas dan memiliki berbagai ruangan yang berisi lukisan dengan seni ilusi 3 dimensi.

Lukisan-lukisan tersebut tersebar sesuai zona yang ada di berbagai ruangan museum. Beberapa zonanya antara lain Zona Lukisan, Zona Satwa, Zona Laut, Zona Rutinitas, Zona Dinosaurus, Zona Petualangan dan Zona Horror. Museum ini terdiri dari dua lantai, sehingga kalau ingin puas foto-foto sebaiknya kamu menyisihkan cukup banyak waktu di sini. Selain foto dengan lukisan 3D, ada pula ruangan tambahan buat foto-foto yang unik.

5. Museum Kekinian Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia kaya

Kamu pasti tahu donk mall termegah di Jakarta yaitu kawasan Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Nah sepertinya belum banyak yang mengetahui kalau di salah satu sudutnya ada museum Galeri Indonesia Kaya. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin mengenal budaya Indonesia dengan lebih dalam. Penyajiannya juga sangat interaktif. Galeri Indonesia Kaya menjadi ruang edutainment untuk generasi muda. Salah satu spotnya adalah Selaras Pakaian Adat yang memungkinkanmu berfoto dengan pakaian adat secara digital.

Itu tadi beberapa museum seni kontemporer yang ada di Jakarta. Yuk berkunjung ke museum untuk menambah khasanah pengetahuan seni kamu. Selain itu kamu juga dapat belajar banyak lho di museum. Lupakan museum gaya lama. Sekarang museum sudah berevolusi dan semakin menarik lho.

By Mita