Gourmetamigurumi.com – Manfaat jambu kristal. Jambu Kristal merupakan jenis jambu biji yang cukup populer di Indonesia. Memiliki citarasa yang manis, tekstur dari jambu kristal ini terbilang cukup renyah. Sebagai informasi tambahan, Jambu Kristal sendiri merupakan turunan jambu biji yang di hasilkan dari perkawinan silang. Keunggulannya adalah jumlah biji yang tidak lebih dari 3% dari berat buah keseluruhan.

Merupakan tanaman tropis, Jambu Kristal bisa tumbuh dengan mudah terlebih saat intensitas curah hujan berkisar 1000 hingga 2000 mm pertahun.

manfaat jambu kristal

Tidak hanya rasanya yang enak, namun jambu kristal memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan. Nah untuk kamu yang bertanya-tanya, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai beberapa manfaat dari Jambu Kristal.

Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Jika berbicara mengenai manfaat dari jambu kristal, tentu kamu akan menemukan banyak sekali. Berikut beberapa di antaranya manfaat jambu kristal yang baik untuk kesehatan :

1. Melancarkan sistem pencernaan

Mengkonsumsi jambu kristal di percaya mampu melancarkan sistem pencernaan. Nutrisinya mengandung serat alami yang cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Sehingga dengan mengkonsumsi jambu kristal secara rutin, maka dapat membantu usus agar bisa bergerak normal dan lancar. Terlebih saat kamu sedang mengalami sembelit, mengkonsumsi jambu kristal secara rutin mampu mengatasi permasalahan tersebut.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lainnya yang baik dari Jambu Kristal adalah mampu menjaga kesehatan mata. Untuk diketahui, permasalahan pada mata terbilang cukup banyak jenisnya. Seperti katarak, refraksi, bahkan hingga glaukoma. Nah untuk merawat kesehatan mata, maka kamu di sarankan untuk rutin mengkonsumsi buah seperti jambu kristal.

Jambu Kristal sendiri memiliki kandungan seperti vitamin A dimana mampu menghalau gangguan pada mata seperti silinder, rabun, dan minus.

manfaat jambu kristal

3. Sebagai sumber antioksidan

Jambu kristal mengandung senyawa antioksidan yang mampu mencegah sekaligus memperbaiki kerusakan sel pada tubuh. Dengan mengkonsumsi jambu kristal secara rutin maka kamu akan terhindar dari radikal bebas yang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Bahkan yang paling parah adalah radikal bebas dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker dan lainnya.

4. Meredakan flu dan batuk

Meskipun bukan termasuk dalam penyakit kronis, namun flu dan batuk yang berkepanjangan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah dengan mengkonsumsi jambu kristal secara rutin, maka bermanfaat untuk menghilangkan flu dan batuk.

Selain itu tidak hanya buahnya saja, bahkan mulai dari daun, hingga kulit dari jambu kristal sendiri mengandung senyawa flavonoid yang terbilang baik sebagai antibakteri. Di tambah dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu kristal mampu meningkatkan imunitas bagi tubuh sehingga mempercepat penyembuhan penyakit.

manfaat jambu kristal

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan lainnya yang terdapat pada buah jambu kristal adalah vitamin E. Di mana vitamin E sendiri di percaya mampu menjaga asupan nutrisi pada kulit. Selain itu kandungan antioksidan pada jambu kristal mampu menjaga kebutuhan vitamin agar bisa tercukupi dengan baik.

Mengkonsumsi jambu kristal secara rutin memiliki peranan penting terutama dalam pembentukan kolagen dan protein untuk menjaga elastisitas kulit.

6. Membantu penurunan berat badan

Manfaat lain yang ada pada jambu kristal adalah membantu penurunan berat badan. Hal ini di karenakan jambu kristal mengandung vitamin dan kaya akan serat sehingga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang diet.

Lebih dari itu, jambu kristal sendiri mengandung kadar kalori yang cukup rendah dan kandungan serat yang tinggi. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai pencuci mulut sekaligus camilan setelah makan.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi jambu kristal secara rutin memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dimana bisa di artikan jambu kristal mampu membantu sistem kerja tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu sistem kekebalan tubuh yang sempurna juga akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman penyebab penyakit.

Kandungan vitamin C pada jambu kristal sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan seluruh tubuh sehingga cukup mampu menghadapi serangan infeksi dan siap melawan patogen.

Baca Juga :

***