Manfaat batang bambu

Banyak orang tidak menyadari manfaat batang bambu yang menakjubkan. Selama ini, batang bambu sering disepelekan dan dianggap tidak memiliki manfaat lain selain sebagai makanan panda. Padahal, ada banyak manfaat bambu yang tidak diketahui orang. 

Maka dari itu, kamu bisa  memanfaatkan tanaman ini untuk berbagai macam kebutuhan. Kamu tidak perlu khawatir dengan persediaannya karena tanaman bambu mudah kamu temukan di negara tropis seperti Indonesia. Nah, berikut adalah beberapa manfaat bambu yang wajib kamu ketahui. 

Menghilangkan Bau 

Pernahkah kamu merasa terganggu dengan bau tidak sedap yang muncul di sekitarmu? Jika pernah, maka tanaman bambu bisa menjadi opsi tanaman yang harus kamu tanam di rumah. Setidaknya, kamu menanam tumbuhan bambu di titik-titik yang sering muncul bau tidak sedap. 

Jika kamu tidak punya lahan untuk menanam bambu, kamu bisa memanfaatkan arang yang terbuat dari bambu.  Arang bambu yang kamu taruh di dalam ruangan bisa menyerap bakteri atau partikel kecil yang menyebabkan ruangan menjadi bau. 

Batang Bambu untuk Mencegah Erosi

Mencegah erosi

Curah hujan yang deras terkadang membuat kamu ketar-ketir dan takut terjadi banjir. Jika rumahmu terletak di kawasan yang rawan banjir, maka kamu bisa mengaplikasikan salah satu manfaat batang bambu. 

Sejak zaman dahulu, batang bambu berpengaruh untuk mencegah terjadinya erosi akibat banjir. Tanaman bambu yang kamu tanam di area depan rumah bisa berperan sebagai pelindung rumah dari terjangan banjir. Dengan begitu, rumah kamu akan lebih aman dari bahaya banjir 

Batang Bambu untuk Bahan Produk Organik 

Produk dari bahan organik saat ini sedang menjadi tren dan banyak peminatnya. Selain kandungannya lebih alami, produk-produk organik juga lebih sehat dan minim efek samping. Oleh sebab itu, banyak orang mulai menggunakan produk dari bahan-bahan organik seperti bambu. 

Batang bambu yang selama ini jarang dilirik ternyata memiliki kandungan manfaat yang luar biasa. Mulai dari kosmetik, pakaian, hingga perabot rumah tangga kini menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. 

Jika kamu ingin merasakan khasiat dari batang bambu, maka cobalah salah satu produk yang terbuat dari bahan dasar ini. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan manfaat dan khasiatnya untuk kehidupan sehari-hari. 

Batang Bambu untuk Bahan Bangunan Anti Gempa

Manfaat batang bambu untuk bangunan

Selain mampu meningkatkan kadar oksigen dalam udara, batang bambu ternyata memiliki fungsi lain yang tak kalah menakjubkan.  Salah satunya adalah mampu menahan beban yang cukup berat. Itu sebabnya, bambu digunakan sebagai salah satu bahan bangunan anti gempa. 

Manfaat batang bambu yang satu ini sangat berguna bagi rumah-rumah yang berdiri di kawasan rawan gempa. Bangunan rumah yang terbuat dari bahan bambu memiliki kekuatan yang fleksibel. Karena itu, resiko bahayanya jauh lebih kecil daripada bahan bangunan yang terbuat dari kayu, beton, atau cor-coran. 

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Mampu Menyerap Karbon

Pencemaran lingkungan yang semakin banyak terkadang membuat kualitas udara yang kamu hirup ikut tercemar. Apalagi dengan maraknya efek rumah kaca serta asap kendaraan akan membuat kualitas udara menjadi buruk. 

Ternyata, batang bambu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Batang bambu mampu menyerap kandungan karbon yang tersebar melalui udara. Lalu, melepaskan kandungan oksigen sebanyak 30% sebagai gantinya.  

Semakin banyak batang bambu yang ditanam di taman kota, maka akan semakin banyak pula kandungan oksigen yang dihasilkan. Itu sebabnya, batang bambu bisa menjadi salah satu tanaman yang tepat untuk mereboisasi lingkungan.