Contoh tanaman obat

Apa saja contoh tanaman obat herbal yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan? Sebenarnya, setiap jenis tanaman memiliki manfaatnya masing-masing, termasuk tanaman herbal. 

Karena tanaman herbal terkenal ampuh untuk pengobatan alternatif, maka tanaman yang masuk dalam golongan ini tentu bisa menyehatkan tubuh. Nah, berikut ini adalah 5 jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh: 

Tanaman Obat Jahe 

Tanaman obat jahe

Jahe sering menjadi salah satu bahan masakan yang populer digunakan oleh ibu-ibu. Selain untuk bahan masakan, jahe juga bisa menjadi obat herbal yang menyehatkan. Tanaman obat yang satu ini sudah menjadi obat alternatif selama ribuan tahun silam. 

Dalam satu siung tanaman jahe, terdapat kandungan zat yang bersifat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Zat ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Lalu dapat juga meminimalisir penurunan kemampuan kognitif.  

Ketika musim hujan tiba, minum secangkir jahe tumbuk hangat juga bisa menimbulkan sensasi yang menghangatkan di perut. Karena itu, meminum ramuan jahe juga bisa mencegah kamu dari penyakit masuk angin. 

Kunyit

Kunyit

Salah satu contoh tanaman obat herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah kunyit. Tanaman herbal ini memiliki kandungan zat yang bisa mencegah kanker dan mutasi sel DNA. Karena itu, kamu tidak perlu meragukan khasiatnya. 

Buat kamu yang memiliki masalah radang sendi, minum ramuan kunyit juga bisa membantu penyembuhan penyakit tersebut. Nah, kalangan usia senja sebaiknya rutin meminum ramuan herbal dari kunyit ini agar sendi-sendi tetap kuat. 

Tanaman Obat Daun Sirih

Tanaman obat Daun sirih

Sudah sejak lama daun sirih terkenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, utamanya kesehatan organ intim wanita. Makanya, ada berbagai macam produk kebersihan wanita yang menggunakan daun sirih sebagai komposisi bahan utamanya. 

Bukan hanya itu saja manfaatnya, daun sirih juga kaya dengan kandungan riboflavin, vitamin C, tiamin, karoten, dan niasin. Seluruh kandungan zat ini merupakan sumber kalsium yang bagus untuk tubuh. 

Penanaman dan perawatan tanaman sirih ini cukup mudah kok. Kamu bisa menanam tanaman ini di rumah dengan peralatan dan bahan sederhana. Namun, tentunya harus kamu lakukan perawatan seperti memberi pupuk dan air secara rutin. 

Serai

Serai

Selain untuk bumbu masakan, serai juga berfungsi sebagai salah satu contoh tanaman obat yang baik untuk kesehatan. Serai yang selama ini kamu lihat pada beberapa jenis makanan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa bagus. 

Tak heran kalau serai sering dibuat menjadi bahan pengobatan. Bahkan minyak serai bisa kamu pakai untuk obat aromaterapi atau menyembuhkan masalah kulit. Jika kulitmu mengalami gatal-gatal atau masalah kulit lainnya, segera obati dengan minyak serai. 

Contoh Anyaman Simple dari 3 Jenis Bahan Dasar

Jeruk Nipis 

Jeruk nipis

Meskipun rasanya kecut, ternyata jeruk nipis memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan nutrisi vitamin C dalam jeruk nipis bisa mencapai lebih dari 20% per buahnya. Kandungan vitamin C ini cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. 

Selain vitamin C, jeruk nipis juga kaya dengan zat besi, kalsium, kalium, titanium, vitamin B6, dan nutrisi lainnya. Nah, nutrisi-nutrisi ini nantinya akan mempengaruhi daya tahan tubuh untuk lebih kebal terhadap serangan penyakit. 

Bagi penderita gejala batu ginjal juga disarankan untuk meminum ramuan jeruk nipis untuk membantu proses penyembuhan. Karena nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan, maka minumlah perasan jeruk nipis secara rutin.