Gourmetamigurumi.com – Cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit. Bunga Pepaya merupakan salah satu tanaman yang sering di olah menjadi sayuran. Meskipun terkenal akan rasanya yang lezat, namun jika pengolahannya kurang tepat maka akan menghasilkan rasa pahit. Oleh karena itu di butuhkan tips tertentu agar bunga pepaya tidak memberikan rasa pahit.

Nah untuk kamu yang kalap dan bingung bagaimana mengolah bunga pepaya agar tidak pahit, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa tipsnya untuk bisa di praktekkan. Simak ulasan berikut !

cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit

Cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menghasilkan bunga pepaya agar menghasilkan rasa yang tidak pahit.

1. Diremas hingga airnya berkurang

Untuk menghasilkan rasa bunga pepaya yang tidak pahit, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu. Kemudian jika di rasa sudah empuk, maka selanjutnya kamu bisa mengangkat dan meniriskannya. Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan meremas bunga pepaya hingga kandungan airnya berkurang.Terakhir cucilah dengan air mengalir dengan tetap meremas bunga pepaya. Ulangi beberapa tahapan tersebut hingga di rasa air dalam kandungannya berkurang.

2. Direbus bersamaan dengan daun singkong

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk menghasilkan bunga pepaya agar tidak pahit adalah dengan merebus bunga pepaya bersamaan dengan daun singkong. Hal ini di karenakan daun singkong efektif untuk menghilangkan rasa pahit yang ada pada bunga pepaya. Selain itu caranya juga cukup mudah yakni dengan mencuci daun singkon dan bunga pepaya hingga bersih. Kemudian rebus secara bersamaan lalu angkat dan tiriskan.

cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit

3. Direbus menggunakan asam jawa

Kamu bisa memanfaatkan asam jawa untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Cara yang halus di lakukan yakni dengan mendidihkan air dan memasukkan bunga pepaya dan asam jawa secara bersamaan. Rebus dengan mengaduknya sesekali lalu siram dengan air mengalir.

4. Direbus dengan daun jambu biji

Jika ingin menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, kamu bisa memanfaatkan daun jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga terbilang tidak sulit untuk ditemukan. Caranya adalah dengan meremas bunga pepaya dan berikan garam secukupnya. Setelah itu diamkan beberapa menit hingga getah yang ada pada bunga pepaya hilang. Terakhir bilas daun pepaya pada air yang mengalir lalu rebus bersamaan dengan daun jambu biji.

cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan

Meskipun rasanya pahit, namun bunga pepaya menjadi sayuran yang baik untuk kesehatan. Sebagai informasi tambahan, bunga pepaya memiliki kandungan zat antioksidan dan antibakteri. Selain itu kandungan lainnya yakni Vitamin A, Vitamin C, Vitami E, dan Folat. Berikut adalah beberapa manfaat bunga pepaya :

  • Untuk meningkatkan nafsu makan
  • Membuat pencernaan menjadi lebih sehat
  • Membersihkan racun yang ada pada tubuh
  • Mengontrol kolesterol
  • Mencegah penyakit stroke
  • Mengatasi penyakit diabetes

Nah itulah beberapa cara yang bisa di praktekkan untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Cara di atas terbilang cukup mudah untuk di lakukan. Kamu bisa memilih untuk menghilangkan rasa pahit bunga pepaya menggunakan cara yang mana.

Baca Juga :

***