Gourmetamigurumi.com – Ciri ciri emas asli. Emas merupakan salah satu barang yang bisa di lakukan investasi. Bahkan lebih dari itu, emas juga bisa di manfaatkan sebagai perhiasan. Secara ekonomi, emas memiliki nilai yang tinggi dan cenderung stabil. Oleh karena itu tidak sedikit oknum melakukan pemalsuan emas demi keuntungan pribadi. Bahkan parahnya, banyak dari oknum yang tidak bertanggung jawab membuat emas dengan bentuk yang serupa dan mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu banyak yang tertipu dengan keberadaan emas palsu karena sulit di bedakan. Nah pada artikel kali ini, akan di jelaskan mengenai ciri-ciri emas asli sekaligus cara membedakannya agar kamu tidak mudah tertipu. Berikut ulasannya !

ciri ciri emas asli

1. Tidak memiliki sifat magnet

Merupakan bagian terpenting yang harus di ketahui, emas asli tidak memiliki unsur magnet. Sehingga jika kamu mendekatkan emas dengan magnet, maka emas tidak akan bereaksi apapun pada magnet tersebut. Namun sebagai informasi tambahan, ada beberapa jenis logam yang juga tidak memiliki unsur magnet seperti aluminium. Oleh karena itu sangat mudah untuk kamu membedakan emas asli dan palsu hanya dengan memanfaatkan magnet.

2. Tidak Korosif

Emas asli jika di biarkan beberapa lama tidak akan korosif. Hanya saja ada beberapa faktor utama yang terkadang membuat emas menjadi berubah warna seiring berjalannya waktu yakni campuran logam di dalam emas itu sendiri. Namun emas yang memiliki 24 karat akan tetap menunjukkan warna orange kekuningan. Sehingga semakin banyak campuran logam dalam emas, maka semakin mudah emas tersebut berubah warna menjadi kehitaman.

3. Emas asli menghantarkan panas dan listrik

Untuk mengetahui emas asli, kamu bisa membedakannya dari sifat konduktor yang ada dalam emas. Emas asli memiliki sifat konduktor atau penghantar panas dan listrik bahkan untuk waktu yang relatif lama.

ciri ciri emas asli

4. Emas asli bisa diukur dengan karat

Emas asli biasanya di ukur dengan satuan karat. Di mana perhitungannya sendiri di sesuaikan dengan proporsi dalam paduan 24 bagian. Seperti pada emas 24 karat berarti memiliki kadar emas 99,9% sterling. Nilai yang ada pada karat itulah yang menjadi acuan untuk konsumen membeli logam mulia. Sehingga jika nilai karatnya semakin kecil, maka campuran logam di dalam emas akan semakin banyak dan bisa berupa nikel, tembaga, dan seng.

5. Memiliki tanda

Ciri-ciri emas asli lainnya yang harus di ketahui adalah memiliki tanda pada bagian gesper atau permukaannya. Selain itu biasanya tanda tersebut berupa ukiran huruf dan angka yang menunjukkan kode atau makna tertentu.

ciri ciri emas asli

6. Tidak mudah bereaksi

Emas palsu biasanya akan mudah berekasi terhadap cairan asam nitrat atau cuka. Oleh karenanya kamu bisa meneteskan emas dengan cairan asam untuk membedakan dan mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu. Sebagai informasi tambahan, emas asli biasanya akan tahan terhadap zat asam dan cenderung fleksibel sehingga mudah dibentuk jika di tempa.

7. Bersifat Padat

Kamu bisa mengidentifikasi emas asli dengan sifatnya yang padat. Cobalah untuk menjatuhkan emas kedalam air, jika emas tenggelam maka bisa di pastikan emas tersebut adalah asli. Namun jika sebaliknya atau mengapung, bisa jadi emas tersebut adalah palsu.

Nah itulah ciri ciri emas asli dan cara membedakannya dengan yang palsu. Jika ingin membeli emas, pastikan bahwa emas tersebut asli dengan melakukan beberapa pengujian diatas.

Baca Juga :

***