Gourmetamigurumi.com – Ciri ciri kucing sakit. Kucing merupakan salah satu hewan yang sering di pelihara. Selain lucu, kucing juga bisa mengenali dan nurut dengan tuannya. Karena beberapa hal, banyak masyarakat yang memilih untuk menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan yang di sayang.

Sebagai makhluk hidup, kucing juga bisa merasakan sakit. Lalu bagaimana jika kucing sedang mengalami sakit? Terlebih lagi kucing juga tidak bisa berbicara sekaligus menjelaskan sakit apa yang sedang di rasakan.

Nah untuk mengatasi permasalahan berikut, kamu harus mengetahui ciri-ciri kucing sakit. Dengan begitu kamu bisa memberikan pengobatan atau pertolongan untuk kucing itu sendiri. Berikut adalah beberapa ciri jika kucing sedang sakit.

ciri ciri kucing sakit

1. Memiliki perubahan nafsu makan

Kucing yang sedang sakit biasanya akan mengalami perubahan nafsu makan. Namun perubahan tersebut tidak melulu kucing menjadi tidak nafsu makan. Bisa jadi perubahannya adalah nafsu makan kucing yang semakin bertambah. Jika kucing mengalami perubahan nafsu makan, bisa jadi ia sedang merasakan masalah dalam sistem pencernaannya. Selain itu jika kucing memiliki nafsu makan yang berkurang, biasanya di sertai dengan beberapa gejala lain seperti mual, demam, bahkan hingga nyeri pada bagian mulut.

2. Berisik atau sering mengeong

Jika kucing menjadi berisik rewel atau mengeong, bisa jadi itu adalah ciri ciri kucing yang sedang merasakan sakit. Hanya saja kamu tidak bisa langsung menilai jika kucing yang berisik adalah kucing yang sedang sakit. Pasalnya kucing berisik biasanya ingin memberi tahu sesuatu seperti lapar, marah, dan sakit.

Terlebih jika biasanya kucing pendiam menjadi berisik dan mengeluarkan suara, maka bisa jadi kucing tersebut sedang sakit atau merasakan tidak enak dalam tubuhnya.

ciri ciri kucing sakit

3. Muntah

Hampir sama dengan manusia, muntah pada kucing bisa di sebabkan karena sakit. Jika kucing peliharaanmu mengalami muntah bahkan hingga diare, ada baiknya untuk segera membawa kucing tersebut ke dokter hewan untuk memastikan penyebabnya. Adapun kucing yang mengalami muntah dan diare bisa di sebabkan karena penyumbatan pada pencernaan, parasit, racun, radang usus, dan beberapa penyakit serius lain.

4. Tidak bisa buang air

Ciri ciri lainnya yang menandakan kucing sedang sakit adalah tidak bisa buang air. Untuk mengetahui apakah kucing kamu mengalami permasalahan buang air, maka kamu bisa melihat dari kotak pasir dan melihat kotoran yang ada di dalamnya. Jika selalu kering bisa di pastikan kucing mengalami masalah buang air. Jika hal ini sudah terjadi, maka sebaiknya untuk segera mencari pertolongan.

5. Banyak Minum

Jika kucing kamu tiba-tiba selalu minum atau banyak minum, bisa jadi penyebabnya adalah kucing yang sedang sakit. Ada beberapa penyakit yang menjadikan kucing menjadi lebih mudah haus yakni diabetes dan penyakit ginjal.

ciri ciri kucing sakit

6. Kebiasaan menjilat tubuh dan bau mulut

Ciri-ciri kucing sakit lainnya yang harus di ketahui adalah kebiasaan menjilat tubuh yang berubah. Biasanya kucing yang menjilat tubuhnya lebih sering menandakan kucing ingin menenangkan diri. Namun jika kucing menghindari beberapa area tubuh untuk dijilat, bisa jadi ia sedang merasakan nyeri pada sendinya.

Selain itu perubahan menjilat tubuh bisa di sebabkan karena permasalahan mulut dan gigi. Bahkan jika kucing mengalami bau mulut bisa jadi kucing tersebut juga sedang dalam keadaan sakit

7. Lebih sering bersembunyi

Kucing yang sering bersembunyi biasanya di sebabkan oleh rasa takut, stres, atau sedang merasakan kesakitan. Jika kucing kamu lebih sering bersembunyi dari biasanya, maka bisa jadi ia sedang merasakan sakit yang tidak biasa.

8. Lemas dan Lesu

Kucing yang lemas dan lesu serta tidak menunjukkan sifat aktif, maka bisa jadi itu merupakan pertanda jika kucing sedang mengalami sakit. Selain itu kamu bisa memperhatikannnya dari waktu ke waktu, jika masih lemas dan lesu maka sebaiknya di lakukan penanganan lebih lanjut.

Nah itulah beberapa ciri ciri kucing sakit yang harus di ketahui oleh tuannya. Sehingga jika kucing peliharaanmu sakit, maka bisa cepat di lakukan penanganan dengan baik.

Baca Juga :

***