Gourmetamigurumi.com – Ciri-ciri hamil muda. Kehamilan merupakan hal yang paling di tunggu oleh kebanyakan pasangan muda. Untuk mengetahui kehamilan biasanya ada beberapa tanda yang terjadi pada tubuh. Selain itu secara umum, biasanya tanda-tanda kehamilan ini sering terjadi kepada hampir semua ibu hamil.

Terlambat mestruasi merupakan salah satu tanda kehamilan yang paing umum, namun bagaimana jika kamu memang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur? Bagaimana cara mengetahui kehamilan serta tanda-tanda yang sering terjadi. Berikut ini ulasannya !

Ciri-ciri hamil muda yang paling umum

Ciri-ciri hamil muda yang paling umum

Sebenarnya ada banyak tanda yang menandai kehamilan. Namun tentunya setiap wanita memiliki tanda yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa tanda kehamilan yang sering terjadi pada wanita.

1. Terlambat menstruasi

Tanda yang paling umum terjadi pada awal kehamilan adalah terlambat menstruasi. Hal ini di karenakan adanya pembuahan di mana sel telur menempel ke dinding rahim dan terus berkembang menjadi janin hingga waktu 9 bulan.

2. Mual dan muntah

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan tanda-tanda kehamilan yang satu ini. Mual dan muntah menjadi salah satu tanda yang paling umum terjadi pada awal kehamilan. Terutama di pagi hari, beberapa wanita yang baru hamil akan mengalami mual dan juga muntah bahkan hingga trimester kedua. Selain itu biasanya mual dan muntah akan mereda seiring perkembangan usia kehamilan.

2. Mual dan muntah

3. Keluar bercak darah (flek) dari vagina

Bercak darah berupa flek bisa jadi merupakan pertanda bahwa kamu sedang hamil muda. Hal ini di karenakan saat embrio menempel maka proses tersebut yang akan membuat embrio pada dinding rahim menjadi terkikis sehingga mengakibatkan keluarnya bercak darah.

4. Perubahan payudara dan puting

Jika kamu merasakan perubahan pada payudara, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kehamilan. Di mana dalam beberapa kasus, perubahan payudara di tandai dengan rasa nyaman dan nyeri terutama pada mingu pertama kehamilan. Hal tersebut di sebabkan oleh jumlah hormon progesteron dan estrogen yang mengalami peningkatan.

5. Kram perut

5. Kram perut

Merupakan ciri yang umum terjadi pada awal kehamilan adalah terjadinya kram perut. Hanya saja biasanya kram pperut yang terjadi tidak terlalu sakit dan hanya berlangsung singkat. Selain itu kram juga bisa mulai terasa setelah ovulasi namun akan mereda dalam beberapa jam. Hal tersebut di karenakan implantasi embrio yang cenderung terpusat pada satu titik lokasi saja.

6. Sakit pinggang

Menjadi salah satu tanda kehamilan yang umum terjadi yaitu sakit pinggang. Selain itu biasanya lokasi nyeri berada di pusat bagian bawah punggung. Selain itu nyeri punggung juga bergantung pada usia kehamilan dan tidak ada hubungannya dengan keluhan lain seperti kembung, sembelit, atauu bahkan kram.

7. Indera penciuman lebih sensitif

Tanda-tanda lainnya yang sering muncul di awal kehamilan adalah indera penciuman yang lebih peka atau sensitif. Di mana beberapa ibu hamil akan mengalami mual dan muntah saat mencium bau tertentu.

8. Perubahan nafsu makan

8. Perubahan nafsu makan

Terutama pada trimester pertama biasanya ibu hamil di tandai dengan penurunan selera makan yang membuatnya mual dan muntah. Namun sebagian ibu hamil lainnya jstru mengalami peningkatan nafsu makan. Hal ini tentunya di karenakan pertumbuhan janin dalam tubuh yang semakin meningkat.

9. Cepat lemas dan lelah

Biasanya kehamilan muda di tandai dengan kondisi fisik yang cepat lemas dan lelah. Bahkan jika kamu tidak melakukan berbagai aktifitas berat sekalipun. Sebenarnya hal ini juga terbilang normal terjadi selama awal kehamilan. Oleh karena itu sebaiknya untuk ibu hamil beristirahat denga cukup agar tidak mengganggu kehamilan.

Nah itulah beberapa ciri-ciri hamil muda yang sering muncul. Oleh karenanya jika kamu merasakan beberapa tanda di atas untuk sebaiknya memeriksakan ke dokter agar mendapatkan informasi dan tindakan yang lebih jelas.***