manfaat hobi memasak

Tidak semua orang menyukai kegiatan masak-memasak. Beberapa dari mereka bahkan lebih memilih makan-makanan luar daripada masak sendiri di rumah. Ragam alasan pun membuat mereka tidak menyukainya, salah satu alasan yang paling sering terdengar adalah tidak ada waktu untuk masak. Namun, nyatanya manfaat hobi memasak ini sangat banyak, selain karena lebih murah, memasak makanan sendiri tentunya lebih sehat.

Hobi memasak memiliki segudang manfaat. Bukan hanya bisa menjadi pekerjaan sampingan melainkan juga bisa menenangkan pikiran juga. Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing, baik laki-laki maupun perempuan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Termasuk juga memasak adalah sebuah hobi yang dapat ditekuni oleh siapapun. Adapun manfaat hobi memasak adalah:

1. Membuat Hidup Lebih Sehat

memasak lebih sehat

Jika membeli makanan dari luar mungkin kamu tidak mengetahui tentang bahan yang mereka gunakan, atau kualitas dari bahan mentah tersebut. Mungkin saja menggunakan sayuran yang sudah layu dan busuk, atau daging yang yang sudah rusak atau kadaluwarsa. Begitu juga bumbu apakah mengandung MSG, lemak, atau bahan berbahaya lainnya.

Selain itu kamu juga lebih sehat, karena saat kamu memasak sendiri kamu tahu apa bahan yang akan kamu gunakan. Menggunakan bahan olahan kamu sendiri. Tak mungkinkan kamu menambahkan formalin untuk makanan kamu sendiri.

2. Peluang Bisnis

Dari hobi memasak bisa menjadi peluang bisnis. Tentunya, menyenangkan bukan? Kamu bisa menyalurkan hobi, mengisi waktu luang Anda dengan hal yang bermanfaat, juga bisa mendatangkan uang. Kamu bisa membuka bisnis katering dengan memberikan banyak pilihan daftar makanan dengan memperhatikan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Tentunya semakin baik kualitas makanan yang Anda tawarkan, semakin banyak peminat, juga membuat kamu mendapat banyak keuntungan.

3. Melatih Kreativitas

kreativitas manfaat hobi memasak

Manfaat hobi memasak selanjutnya adalah melatih kreativitas. Saatkamu mulai bosan dengan menu yang itu saja, maka pasti akan mencari cara bagaimana bisa mengolah bahan makanan yang lebih menarik dan lezat. Kamu bisa mencari resepnya di buku resep atau mencontoh resep yang banyak tersebar di internet.

Memasak merupakan salah satu cara untuk kamu mengekspresikan kreativitas. Bunda dapat membuat inovasi makanan baru dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Pikirkan rasa yang kamu sukai, dan coba gunakan dalam hidangan yang berbeda. Cobalah gunakan kreativitas untuk membuat inovasi masakan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Bunda jadi lebih kreatif karena masak dengan bahan seadanya.

4. Meningkatkan Kebahagiaan

Bagi yang memiliki hobi masak pasti tahu betul bagaimana perasaan saat makanan yang dimasak sendiri ternyata bercita rasa lezat. Tentunya bahagia, bukan? Selain itu, manfaat hobi memasak juga bisa membuat jiwa kamu lebih rileks dan mengurangi stres yang berlebihan. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan memasak adalah jadi lebih banyak tahu mengenai bumbu-bumbu dapur.

Piawai dalam mengolah bahan mentah menjadi makanan siap saji yang memiliki rasa yang lezat, membuat hubungan kamu makin rekat oleh keluarga. Saat kamu mencicipi hasil masakan sendiri yang lezat, mereka akan bahagia dan terus merindukan masakan tersebut. Terlebih lagi jika kamu, sering membuatkan bekal makanan kesukaan mereka untuk makan siang.

5. Pengeluaran Lebih Irit

pengeluaran lebih irit

Karena memasak sendiri, tentunya kamu akan menjadi lebih hemat, karena tidak perlu lagi jajan di luar. Untuk membeli bahan makanan sendiri, tentu harganya akan lebih murah. Kamu bisa memasak makanan sesuai yang kamu inginkan tentunya dalam porsi yang lebih banyak.

Jadi, kamu juga dapat membaginya dengan teman, tetangga, atau saudara. Hal ini dapat membuat mereka merasa hubungan lebih erat.

By Mita