Gourmetamigurumi.com – Manfaat daun mengkudu. Tidak hanya buahnya yang kaya akan manfaat, daun mengkudu juga tidak kalah berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Nah untuk kamu yang belum tahu, Mengkudu adalah salah satu tanaman yang biasa di gunakan untuk pengobatan herbal.

Memiliki nama latin Morinda Citrifolia L, Mengkudu tidak lain merupakan tanaman khas Tropis sehingga kamu akan menemukannya dengan mudah di Indonesia. Menariknya lagi, Mengkudu tidak hanya bermanfaat pada buahnya saja, melainkan kamu akan menemukan beragam manfaat lain pada daun dan akarnya terutama untuk pengobatan tradisional.

Lalu apa saja manfaat daun mengkudu? Simak beberapa penjelasan di bawah ini !

Manfaat daun mengkudu

Daun Mengkudu sendiri mengandung protein, zat kapur, zat besi, karoten, askorbin, dan memiliki aktivitas antimikroba serta antifungal sehingga bisa di katakan baik untuk kesehatan tubuh.

manfaat daun mengkudu

Ada banyak manfaat daun mengkudu seperti di antaranya adalah :

1. Untuk mengobati penyakit kulit

Bisa di katakan baik untuk kesehatan kulit, nyatanya daun mengkudu memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat yang membandel di wajah. Hal ini di karenakan daun mengkudu memiliki kandungan senyawa antrakuinon, alkaoid, dan flavonoid.

Tidak hanya untuk mengatasi jerawat, daun mengkudu juga membantu proses penyembuhan luka. Selain itu proses penyembuhannya juga cukup mudah yakni hanya dengan mengkrompes pada bagian tubuh yang terkena luka.

Khasiat lain yang ada pada daun mengkudu untuk mengobati penyakit kulit adalah kurap dan bisul. Infeksi jamur paada kulit biasanya di tandai dengan bercak merah, bersisik, atau berupa benjolan. Di mana untuk pengobatannya, kamu perlu menghaluskan daun mengkudu muda, dan di tambahkan dengan minyak kelapa.

manfaat daun mengkudu

2. Mengatasi sakit perut

Daun mengkudu mengandung senyawa antibakteri yang bisa melawan bakteri E.Coli dan Salmonella penyebab sakit perut. Lebih dari itu, daun mengkudu juga mampu merangsang kinerja serotonin yang berfungsi untuk mengatur kondisi pencernaan.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Ada khasiat lainnya yang bisa di katakan baik dari daun mengkudu yakni untuk menjaga daya tahan tubuh. Di mana daun mengkudu mengandung antioksidan yang kuat sehingga mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Untuk cara mengkonsumsinya kamu bisa membuat jus daun mengkudu. Bersihkan daun mengkudu, lalu rendam air selama 24 jam. Haluskan daun mengkudu dengan 1,5 liter air. Terakhir saring daun mengkudu dan tampung pada wadah dengan di endapkan selama 24 jam.

manfaat daun mengkudu

4. Mencegah Preeklamsia

Jika kamu sedang hamil, daun mengkudu bisa di gunakan sebagai obat penurun tekanan darah. Hal ini di sebabkan oleh kandungan dalam daun mengkudu yakni sifat antihipertensi. Sebagai informasi tambahan, Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi pada ibu hamil jika mengalami tekanan darah tinggi.

5. Mencegah depresi

Depresi merupakan salah satu dari bagian penyakit jiwa. Daun mengkudu sendiri bermanfaat untuk mencegah terjadinya depresi dan gangguan kecemasan. Hal ini di karenakan daun mengkudu kaya akan zat scopoletin sehingga membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks.

Nah itulah beberapa khasiat yang ada pada daun mengkudu. Selain kaya akan manfaat, daun mengkudu juga cukup mudah dan murah untuk ditemui di Indonesia. Oleh karena itu kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu obat herbal yang berkhasiat.

Baca Juga :

***