Gourmetamigurumi.com – Mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula. Siapa yang tidak mengenal jenis minuman kopi. Di mana kopi sendiri terkenal mampu melawan rasa kantuk dan menjadi minuman penambah energi. Namun lebih dari itu, kopi juga memiliki manfaat lain yang bisa di katakan bagus untuk kesehatan. Terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi kopi tanpa gula alias kopi pahit.

Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula? Simak ulasan di bawah ini !

mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula

Manfaat mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula

Sebagai informasi tambahan, kopi mengandung berbagai mineral baik seperti magnesium, folat, natrium, bahkan hingga kalium. Selain itu kopi juga memiliki antioksidan riboflavin. Adapun beberapa manfaat jika kamu mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula di antaranya adalah :

1. Menjaga kesehatan otak

Tahukah kamu jika mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Di mana terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kopi hitam bisa mengurangi resiko pikun atau sering lupa. Hanya saja untuk mendapatkan gizi yang lengkap, maka kamu bisa memelihara fungsi otak dengan mengkonsumsi kopi tanpa gula namun di sertai dengan konsumsi buah dan sayur agar lebih seimbang.

2. Meminimalisir resiko diabetes

Seperti yang kita tahu, penyakit diabetes bisa di sebabkan oleh konsumsi gula secara berlebih. Nah untuk meminimalisir diabetes, kamu bisa mengkonsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula di dalamnya. Terlebih lagi kopi memang memiliki manfaat baik karena terdapat kandungan kafein.

mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula

3. Memelihara kesehatan jantung

Mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula hingga 2 cangkir setiap harinya memiliki manfaat baik untuk memelihara kesehatan jantung. Lebih dari itu, secara tidak langsung kopi juga berpeluang untuk menurunkan resiko terkena stroke.

4. Menjaga kesehatan liver

Manfaat lainnya yang ada dalam konsumsi kopi hitam tanpa gula adalah untuk menjaga kesehatan liver. Terlebih lagi ada banyak penyakit yang bisa menyerang liver mulai dari kanker hari, sirois, hepatitis, bahkan hingga perlemakan hati.

5. Mempertahankan berat badan tubuh

Kopi hitam tanpa gula tentunya memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu kafein yang ada dalam minuman ini terbukti mampu melancarkan metabolisme dan membantu membakar lemak pada tubuh. Oleh karenanya jika kamu sedang dalam program diet, maka dengan mengkonsumsi kopi tanpa gula maka dapat membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan agar tetap ideal.

mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula

Kesimpulan

Mengkonsumsi kopi tanpa gula memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun di sisi lain, kandungan kafein dalam kopi mampu memberikan dampak negatif terlebih jika di konsumsi secara terus menerus bahkan dalam jumlah yang banyak.

Adapun beberapa dampak negatif dalam konsumsi kopi di antaranya adalah meningkatkan tekanan darah, diare, cemas, sulit tidur, dan membuat jantung berdegup lebih kencang.

Oleh karena itu di sarankan agar kamu bisa membatasi konsumsi kopi berlebihan terutama sesaat sebelum tidur. Terlebih untuk ibu hamil dan penderita asam lambung, sebaiknya untuk menghindari konsumsi kafein.

Nah itulah beberapa manfaat baik yang ada saat kamu mengkonsumsi kopi tanpa gula. Dengan beberapa manfaat di atas, kamu bisa memilih untuk mengkonsumsi minuman kopi tanpa ada kandungan gula di dalamnya. Sekian.

Baca Juga :

***