kopi terbaik indonesia

Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas terdiri dari berbagai macam topografi juga komoditas tanaman, Salah satunya adalah tanaman kopi yang bahkan telah terkenal ke seluruh mancanegara. Ada beberapa kopi terbaik Indonesia yang menjadi komoditas ekspor.

Jenis kopi yang umum terdiri dari robusta dan arabica. Robusta adalah jenis kopi yang tumbuh di dataran rendah. Sedangkan arabica adalah kopi yang tumbuh di dataran tinggi. Tingkat keasaman dan kadar kopinya juga berbeda. Biasanya kopi ini akan terasa dari aroma dan juga rasanya. Bahkan aroma kopi masing-masing daerah itu berbeda. Misalnya ada pohon kopi yang tumbuh dekat dengan tanaman buah, maka aromanya akan menyerupai buah tersebut.

Beberapa daerah penghasil kopi terbaik Indonesia adalah:

Gayo (Aceh)

Kopi Gayo memiliki nama yang sama dengan daerah pegunungan tempat pertama kali kopi ini di tanam. Biji kopi Indonesia yang tumbuh di dataran tinggi wilayah Aceh Tengah ini memiliki cita rasa yang khas dan rasa yang enak. Rasanya yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu kuat, karena rasanya yang sempurna, kopi Gayo mendapatkan Fair Trade Certified dari International Organization of Fair Trade pada tahun 2010.

Tak hanya itu, kopi Gayo juga di nominasikan sebagai kopi terbaik dunia di Internasional. Selain itu, kopi Gayo menjadi kopi termahal pada pameran kopi yang di adakan oleh Specialty Coffee Association of America. Saat ini, negara AS dan Eropa merupakan negara tujuan utama ekspor kopi ini. Kopi Gayo sebagian besar rasanya seperti coklat dan rasanya tergantung pada bagaimana biji kopi dipanggang, tetapi rasa alaminya sebagian besar akan terlihat sepanjang waktu.

Kintamani (Bali)

kintamani kopi terbaik indonesia

Kopi ini memiliki ukuran biji yang besar dan sangat kuat. Rasanya tidak terlalu pahit. Kopi Kintamani memiliki dua aroma utama yaitu bunga dan lemon. Lemon dan aroma bunga berkontribusi pada keunikan rasa kopi ini. Biji kopi Indonesia yang di tanam di pegunungan Kintamani Pulau Bali memiliki produksi yang sangat besar, sekitar 2000-3000 ton per tahun. Negara tujuan ekspor utama kopi ini adalah Jepang, Australia, dan Arab.

Flores Bajawa (NTT)

Pulau Flores juga penghasil biji kopi Indonesia yang berkualitas baik. Biji kopi dari pulaunya di sebut kopi Bajawa. Kopi Bajawa memiliki tingkat keasaman yang rendah dan body yang cukup kuat. Rasa utama dari kopi ini adalah coklat, vanilla, dan karamel. Biji kopi Indonesia ini tumbuh di dataran tinggi Bajawa, pegunungan di Flores. Produk kopi Bajawa di ekspor ke AS.

Toraja (Sulawesi Selatan)

toraja

Perbedaan utama antara kopi Toraja dan biji kopi Indonesia lainnya adalah kopi ini tidak meninggalkan rasa asam di mulut dan rasa keasamannya tidak meninggalkan rasa asam di lidah Anda sejak tegukan pertama. Rasa kopi Toraja pada dasarnya sama dengan kopi Sulawesi lainnya seperti Kalosi, seperti keasaman rendah dengan wangi kayu. Cita rasa khas ini di sebabkan oleh teknik tradisional yang di gunakan petani untuk memetik biji.

Kopi Jawa

Varietas utama kopi Jawa aslinya adalah Arabika dan Robusta. Di Jawa Tengah biji kopinya di dominasi oleh arabika sedangkan di jawa timur mayoritas biji kopinya adalah robusta. Ada berbagai perkebunan kopi di Pulau Jawa yang menghasilkan biji kopi Indonesia berkualitas tinggi, seperti Jampit, Belawan dan Kayu Mas. Ciri khas dari kopi ini adalah asam sedang, agak kental, dan aromatik seperti teh.

Itulah beberapa daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Cobalah kopi lokal untuk mendapatkan citarasa khas yang memanjakan lidah Anda.

By Mita