minuman kopi kekinian

Sekarang ini minuman kopi kekinian sudah menjamur di berbagai kalangan dan berbagai kota. Dahulu, kopi hanyalah minuman untuk orang tua yang di nikmati bersama dengan kudapan. Akan tetapi saat ini kopi sudah merambah ke kafe-kafe dan menjadi minuman yang di sukai oleh hampir semua orang.

Ada beberapa jenis minuman kopi kekinian yang memang agak sulit di pahami jika tidak terbiasa. Masalahnya racikan kopi itu berasal dari luar negeri dan memiliki nama yang agak asing di telinga. Sebenarnya campurannya hanyalah kopi murni, kopi dengan tambahan susu, atau bahan yang lainnya.

berikut adalah jenis minuman kopi kekinian yang populer di kalangan anak muda.

Kopi Murni Tampa Campuran Susu

Espresso

minuman kopi kekinian espresso

Espresso berasal dari Italia adalah kopi kecil terkonsentrasi yang di sajikan di gelas kecil. Kopi ini di buat dengan menggunakan mesin espresso yang menggunakan air pada suhu sekitar 96 ° C (205 ° F) melalui keping kopi padat menggunakan sekitar sembilan bar tekanan. Rasio kopi terhadap air biasanya antara 1: 2 – 1: 2,5. Hasilnya adalah kopi yang sangat kental dengan banyak rasa pahit dan aroma kopi yang kuat di mulut. Karena intensitas espresso, ini di gunakan sebagai bahan dasar minuman dengan susu.

Jangan minum espresso ketika perut dan lambung Anda tidak mampu menanganinya. Kopi ini cukup kuat kandungan kafeinnya jika Anda mengkonsumsinya.

Americano

Kopi khas Americano berasal dari Spanyol dan Amerika. Kopi ini mulanya adalah sebagai espresso one atau double shot. Espresso kemudian di encerkan dengan mencampurkannya dengan air yang baru di rebus. Jumlah air yang di tambahkan sangat bervariasi tergantung pada preferensi. Takaran tambahan air pada espresso dari 30ml – 300 ml air panas. Minuman yang di hasilkan mirip dengan kopi saring tetapi memiliki rasa yang cukup berbeda karena cara penyiapan pengenceran.

Kopi Dengan Campuran Susu

Latte

latte

Latte dalam bahasa Italia berarti susu. Merupakan minuman kopi populer lainnya yang berasal dari Italia. Biasanya terdiri dari satu shot espresso yang di campur dengan susu yang sudah di panaskan. Sekali lagi, minumannya bervariasi tergantung pada tempat pembuatannya.

Alasan utama variasi ini adalah karena barista tidak mengetahui perbedaan antara minuman berbahan dasar susu. Banyak, jika bukan mayoritas perusahaan, menyajikan minuman yang sama untuk cappucino, latte, dan flat white. Kafe khusus menyajikan latte mereka dengan art latte. Berbagai desain dit ambahkan seperti rosetta atau desain love oleh barista menggunakan susu dengan espresso crema.

Cappucino

Cappuccino adalah salah satu minuman paling ikonik di dunia. Minuman ini biasanya terdiri dari satu gelas espresso yang di campur dengan lapisan susu dan di atasnya dengan lapisan busa. Kadang-kadang dis ajikan dengan coklat parut yang di taburkan di atasnya. Di Italia, minuman ini hanya di konsumsi saat sarapan sampai sekitar jam 10 pagi.

Kualitas cappuccino sangat bervariasi tergantung pada masing-masing negara. Misalnya, di Prancis, toping di ganti dengan krim Chantilly, bukan busa susu.

Moccachino

Mocha (atau mochaccino) adalah minuman berbasis espresso yang di campur dengan susu dan cokelat. Resep khas menggunakan espresso, susu, dan bubuk cokelat dengan perbandingan yang sama. Kadang-kadang diberi krim Chantilly. Bubuk cokelat dapat diganti dengan sirup cokelat, atau bahkan cokelat putih atau cokelat biasa. Ukurannya bisa sangat bervariasi, meskipun mochaccino kemungkinan akan menjadi versi minuman yang lebih kecil karena akhiran Italia -ino yang berarti kecil.

Kopi Dengan Campuran Lain

Machiatto

Macchiato adalah kopi berbasis espresso yang berisi sesendok susu berbusa. Macchiato khas akan terdiri dari espresso one atau double shot dengan susu bagian yang sama.

Affogato

affogato

Affogato merupakan jenis minuman kopi yang mencampurkan espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanilla yang nikmat. Jenis minuman kopi ini tercipta dari 2/5 esspresso yang di padukan dengan 3/5 es krim. Jenis kopi ini menghadirkan sebuah kenikmatan paling pas dari perkawinan rasa manis es krim dan pahit sempurnanya espresso.

By Mita