tanaman yang berguna untuk kecantikan

Ada berbagai tanaman yang sejak dahulu dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kecantikan kulit dan rambut. Cara alami ini juga masih populer hingga saat ini. Pasalnya, selain lebih aman, bahan alami juga lebih terjangkau dan memang efektif. Lantas jenis tanaman yang berguna untuk kecantikan itu apa saja sih yang memang dapat kamu gunakan sebagai produk perawatan kecantikanmu? Berikut ulasannya. 

1. Tanaman yang berguna untuk kecantikan: bunga matahari

bunga matahari

Vitamin E dan asam lemak dalam minyak biji bunga matahari bekerja untuk mengatasi berbagai kondisi kulit. Keduanya merupakan pelindung yang baik dari keriput dan sinar matahari serta memiliki sifat anti-inflamasi yang melawan jerawat dan ruam. Selain itu, jika kamu oleskan ke kulit kepala, minyak biji bunga matahari dapat mengatasi iritasi umum, seperti rambut kering dan rapuh.

2. Camelina

tanaman yang berguna untuk kecantikan

Tanaman yang berguna untuk kecantikan selanjutnya ada camelina. Dicampur ke dalam serum dan pembersih, minyak camelina berfungsi sebagai pelembab yang intens. Itu dikemas dengan omega-3 yang sama seperti salmon, yang merupakan satu-satunya asam lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Penderita eksim dan psoriasis telah lama menggunakan minyak camelina untuk melembabkan, dan baru-baru ini, minyak ini menjadi bahan populer dalam produk anti-penuaan.

3. Tanaman yang berguna untuk kecantikan: mint

tanaman yang berguna untuk kecantikan

Tanaman yang berguna untuk kecantikan selanjutnya adalah mint. Jika kamu pernah membeli sesuatu yang mengandung asam salisilat, biasanya ditemukan dalam obat oleh. Kamu mungkin sudah familiar dengan khasiat daun mint dalam melawan jerawat. Daun mint merupakan astringent, artinya cukup kuat untuk membuat pori-pori kulit berkontraksi dan mengeluarkan minyak berlebih pada kulit.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Jadi Pelembab Alami!

4. Daun Salam

daun salam

Daun salam mungkin biasa kamu manfaatkan sebagai bumbu makanan. Padahal, tanaman ini juga berguna untuk mengatasi masalah rambut dan kulit. Tanaman ini membantu mengangkat ketombe dari kulit kepala sekaligus memperkuat folikel rambut. Aplikasikan pada kulit, kemudian bilas untuk menghilangkan kotoran, yang membantu dalam mengobati jerawat, dan berguna menjadi toner yang bagus.

5. Lidah Buaya

lidah buaya

Berikutnya ada lidah buaya telah mendominasi produk kecantikan selama beberapa dekade. Gel bening pada lidah buaya dapat mengobati luka, gigitan, dan luka bakar. Para peneliti memuji kemampuan tanaman tersebut untuk mempercepat regenerasi kulit. Lidah buaya juga bermanfaat sebagai anti-penuaan karena mengandung Vitamin A, C, dan E. Ketiganya menjaga kulit tetap kencang dan lembab, keharusan dalam mencegah garis-garis halus.

6. Mawar

tanaman yang berguna untuk kecantikan

Ketika berbicara tentang manfaat minyak mawar, tentu kita bicara tentang kandungan antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang ada di dalamnya. Yang pertama menjadikannya bahan yang baik sebagai produk pencuci wajah karena berfungsi untuk membersihkan kulit dan melawan jerawat. Sifat anti-inflamasi pada bunga ini membuat kulit terlihat lebih muda. Minyak mawar dapat meredakan kemerahan dan mengurangi rosacea. Antioksidan, yaitu Vitamin C, dapat membantu mengatasi kerusakan di masa depan akibat sinar matahari dan radikal bebas lainnya.

itulah beberapa tanaman yang memiliki kegunaan untuk mengatasi masalah kulit dan rambut. Kandungan dalam tanaman tersebut inilah yang menjadikan tanaman-tanaman ini baik untuk kulit. Apakah  kamu siap untuk menggunakan cara alami sebagai produk perawatanmu?

BACA JUGA: Khasiat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

By Intan