khasiat madu

Madu merupakan sumber makanan yang sangat menyehatkan. Ia tergolong makanan super karena kandungan nutrisinya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa khasiat madu sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Madu seringkali menjadi pelengkap makanan lainnya. Biasanya sering menjadi bahan pemanis untuk berbagai makanan, mulai dari kue, roti, pancake, jus, teh, jamu, dan lainnya. Rasanya yang manis dan kental memang sangat enak unutk menjadi bahan pemanis pada makanan.

Anda juga dapat langsung mengkonsumsi madu tanpa tambahan apa pun. Nutrisi yang ada pada madu pun tetap bisa Anda dapatkan. Selain penggunaan madu sebagai bahan makanan, madu juga berkhasiat kecantikan. Sebab, manfaat madu juga bisa bermanfaat untuk kulit dan kecantikan.

Maka dari itu ayo kita simak kira-kira apa saja manfaat madu untuk tubuh kita.

Khasiat Madu Untuk Kesehatan

Memperkuat Sistem Imunitas

Menurut penelitian di School od Medicine, Cardiff University, Inggris, madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Berkat nutrisi dalam madu, metabolisme dan stamina tubuh akan meningkat.

Madu turut andil dalam mendetoks bakteri yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Itulah mengapa madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal segala penyakit.

Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan

khasiat madu yang baik

Madu sejak dulu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit. Madu juga mampu menurunkan badan. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat dan perasan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan tersebut ampuh mengecilkan perut secara alami.

Madu dan jeruk nipis mampu mendorong pembakaran lemak secara efektif. Selain itu, bahan ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga lemak dan sisa makanan tidak terlalu lama mengendap dalam tubuh.

Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Manfaat madu juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Penggunaan yang rutin dan teratur akan memberikan hasil yang lebih baik. Madu tidak hanya baik bagi tubuh bagian dalam, tetapi bisa juga sebagai obat luar. Madu dapat mengobati luka luar, termasuk luka akibat jatuh dan luka bakar.

Tetapi, karena madu adalah bahan alami, tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada produk yang menggunakan bahan kimia.

Khasiat Madu Untuk Kecantikan

Menghilangkan Jerawat

Madu untuk kondisi kulit yang kronis dapat Anda pakai dengan menjadikannya masker wajah dan biarkan selama beberapa menit. Hal terpenting dalam menggunakan madu untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi dan masih alami.

Sebab, madu yang Anda gunakan harus tetap mengandung bakteri sehat agar efektif. Ini akan mengaktifkan sistem kekebalan dan membantu peradangan dan kemerahan, serta menyembuhkan flek di wajah. Salah satu cara menggunakan madu untuk wajah adalah dengan mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah yang menenangkan.

Mencerahkan Kulit

kulit dan madu

Selain itu, madu juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Madu memiliki khasiat pengelupasan, menggunakannya di wajah Anda bisa menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam sehingga wajah menjadi lebih cerah. 

Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu asli atau jenis madu mentah yang tidak mengalamai pasteurisasi ke wajah Anda. Jika mau, encerkan madu dengan air murni agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah saat aplikasi di wajah. Biarkan madu di kulit Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Tidak hanya untuk kulit, manfaat madu juga bisa diaplikasikan ke daerah bibir. Terutama saat bibir sedang kering dan pecah-pecah. Madu bisa menjadi scrub untuk mengatasi masalah ini.

Caranya dengan mencampurkannya dengan gula pasir dan kemudian dioleskan ke area bibir. Diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air.

By Mita