manfaat minyak lavender untuk kulit

Seperti namanya, minyak lavender adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman lavender. Minyak yang satu ini bisa kamu oles ke kulit, maupun dijadikan sebagai aromaterapi. Manfaat minyak lavender untuk kulit sendiri juga banyak, lho. Memang apa saja sih? Berikut ulasannya.

1. Minyak lavender untuk jerawat

manfaat minyak lavender untuk kulit

Minyak lavender berfungsi untuk membunuh bakteri. Dengan begitu, dapat mencegah serta menyembuhkan jerawat. Cara kerjanya membuka pori-pori dan mengurangi peradangan ketika kamu mengaplikasikannya pada kulit. Untuk menggunakan minyak lavender untuk mengatasi jerawat, campur dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan ke kulit setelah mencuci muka.

Kamu juga bisa menggunakan minyak lavender sebagai toner wajah dengan mencampurkan dua tetes minyak lavender dengan satu sendok teh witch hazel. Rendam bola kapas dalam campuran tersebut lalu usapkan dengan lembut ke wajah. Untuk jerawat yang sangat membandel, minyak argan dapat membantu mengurangi peradangan. Campurkan satu tetes minyak lavender dengan setetes minyak argan dan taruh langsung ke jerawat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

2. Meredakan eksim dan kulit kering

Eksim bisa muncul pada tubuh. Penyakit eksim, menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan bersisik. Karena lavendel memiliki khasiat antijamur dan mengurangi peradangan, lavendel dapat membantu mencegah eksim.

Minyak lavender juga bisa kamu gunakan untuk mengobati psoriasis. selain itu, minyak lavender juga membantu membersihkan kulit, mengurangi kemerahan serta iritasi.

Untuk menggunakan minyak esensial ini untuk eksim, campurkan dua tetes dengan minyak pohon teh dalam jumlah yang sama, bersama dengan dua sendok teh minyak kelapa. Gunakan setiap hari.

BACA JUGA: Efektif, Ini Manfaat Vitamin E untuk Wajah

3. Minyak lavender untuk mencerahkan kulit

Manfaat Minyak lavender untuk kulit selanjutnya adalah dapat mencerahkan. Selain itu, minyak ini juga mampu mengurangi perubahan warna, termasuk bintik hitam. Minyak lavender membantu mengurangi noda dan kemerahan. Jika kamu mengalami hiperpigmentasi pada kulit, minyak lavendel juga dapat membantu mengatasinya.

4. Minyak lavender untuk kerutan wajah

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Minyak lavender memiliki kandungan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Untuk menggunakan minyak lavender untuk kerutan, gunakan beberapa tetes minyak esensial bersama dengan minyak kelapa. Campuran tersebut bisa kamu gunakan sebagai pelembab sekali atau dua kali sehari.

5. Kemampuan anti-inflamasi

manfaat minyak lavender untuk kulit

Peradangan yang menyakitkan dapat kamu obati dengan minyak lavender. Efek pereda nyeri pada minyak membantu meredakan peradangan, sedangkan beta-caryophyllene dalam minyak ini juga bertindak sebagai anti-inflamasi alami.

Untuk mengatasi peradangan pada luka bakar, campurkan satu hingga tiga tetes minyak lavender dan satu hingga dua sendok teh minyak kelor atau kelapa. Kamu bisa mengoleskan campuran tersebut tiga kali sehari.

Jika kulit terbakar sinar matahari, semprotan minyak lavender untuk mengatasinya. Dalam botol semprot, campurkan seperempat cangkir jus lidah buaya, 2 sendok makan air suling, 10 hingga 12 tetes minyak lavender dan minyak jojoba. Kocok botol dan semprotkan ke kulit yang terbakar sinar matahari. Gunakan semprotan dua atau tiga kali sehari sampai sengatan matahari sembuh.

BACA JUGA: Catat! Ini Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit

By Intan