menghilangkan lemak di wajah

Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi menurunkan berat badan dari area tertentu di tubuh Anda. Khususnya, lemak berlebih di wajah bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi jika itu mengganggu Anda. Untungnya, banyak strategi yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu melangsingkan wajah Anda. Berikut 5 metode efektif untuk membantu Anda menghilangkan lemak di wajah.

5 Tips Efektif untuk Menghilangkan Lemak di Wajah

Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi menurunkan berat badan dari area tertentu di tubuh Anda. Khususnya, lemak berlebih di wajah bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi jika itu mengganggu Anda.

Untungnya, banyak strategi yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu melangsingkan wajah Anda.

1. Lakukan senam wajah

menghilangkan lemak di wajah

Senam wajah dapat Anda gunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot.

Laporan anekdot menyatakan bahwa menambahkan senam wajah ke dalam rutinitas Anda juga dapat mengencangkan otot wajah, membuat wajah Anda tampak lebih ramping.

Beberapa latihan yang paling populer melibatkan menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik sekaligus.

Meskipun buktinya terbatas, satu ulasan melaporkan bahwa senam wajah dapat membangun kekencangan otot di wajah Anda.

Studi lain menunjukkan bahwa melakukan latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

Perlu Anda ingat bahwa penelitian tentang efektivitas latihan wajah untuk menghilangkan lemak secara khusus masih kurang. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana latihan ini dapat memengaruhi lemak wajah pada manusia.

2. Tambahkan kardio ke dalam rutinitas 

menghilangkan lemak di wajah

Seringkali, lemak berlebih di wajah Anda adalah akibat dari kelebihan lemak tubuh.

Menurunkan berat badan dapat meningkatkan penurunan lemak dan membantu melangsingkan tubuh dan wajah Anda.

Latihan kardio, atau aerobik, adalah semua jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung Anda. Ini secara luas dianggap sebagai salah satu metode paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kardio dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan kehilangan lemak.

Terlebih lagi, satu penelitian menemukan bahwa wanita dengan obesitas mengalami penurunan lemak lebih besar dengan jumlah latihan kardio yang lebih tinggi.

Cobalah untuk mendapatkan 150-300 menit olahraga sedang hingga berat setiap minggu, yang berarti sekitar 20-40 menit latihan kardio per hari.

Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, menari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

3. Minum lebih banyak air

minum air

Air minum sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan bisa menjadi sangat penting jika Anda ingin menghilangkan lemak wajah.

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, satu penelitian kecil menemukan bahwa minum air sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang Anda konsumsi selama makan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme Anda untuk sementara waktu. Meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

4. Batasi konsumsi alkohol

Meskipun sesekali menikmati segelas anggur saat makan malam tidak apa-apa, berlebihan dengan asupan alkohol Anda bisa menjadi salah satu kontributor terbesar penumpukan lemak wajah dan kembung.

Alkohol tinggi kalori tetapi rendah nutrisi dan dapat berkaitan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan.

Menjaga konsumsi alkohol Anda tetap terkendali adalah cara terbaik untuk mengontrol kembung dan penambahan berat badan akibat alkohol.

Menurut Pedoman Diet A.S. saat ini untuk orang Amerika, minum dalam jumlah sedang didefinisikan hingga dua minuman per hari untuk pria dan hingga satu minuman per hari untuk wanita.

BACA JUGA: 4 Tips Mencerahkan Kulit yang Mudah Dilakukan

5. Kurangi karbohidrat olahan

karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak.

Karbohidrat ini telah banyak diproses, menghilangkan nutrisi dan seratnya yang bermanfaat dan hanya menyisakan sedikit gula dan kalori.

Karena mengandung sangat sedikit serat, mereka tercerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebihan yang lebih tinggi.

Satu studi pada 277 wanita menunjukkan bahwa asupan karbohidrat olahan yang lebih tinggi terkait dengan risiko obesitas yang lebih tinggi dan jumlah lemak perut yang lebih besar.

Meskipun tidak ada penelitian yang melihat langsung efek karbohidrat olahan pada lemak wajah, menukarnya dengan biji-bijian dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan secara keseluruhan, yang juga dapat membantu menghilangkan lemak wajah.

BACA JUGA: 4 Tips Membuat Rambut Berkilau, Rambut Tampak Sehat!

By Intan