cara mengatasi rambut bercabang

Hampir semua dari kita menyadari masalah utama rambut adalah ujung rambut bercabang. pasti kamu benci melihat rambut bercabang sehingga tampak sangat rapuh dan lemah! Karena terpaksa, akhirnya cara instan yang banyak orang pilih adalah dengan memotong rambut. cara ini tidak salah memang, namun tentu sedih jika rambut yang kamu sukai harus dipotong. Tenang saja, kamu tidak perlu melakukan itu, ada cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu lakukan. Berikut ulasannya.

Penyebab Rambut Bercabang

  •     Rambut terpapar panas berlebihan, debu dan polusi
  •     Terlalu banyak mencuci rambut
  •     Penggunaan produk penata rambut yang berlebihan seperti pelurus, pengeriting, dan produk kimia seperti serum, semprotan, dan sampo kering
  •     Meminyaki rambut secara tidak teratur
  •     Mencuci rambut dengan air panas
  •     Tidak memangkas rambut secara teratur
  •     Perawatan kimiawi termasuk pengeritingan dan pewarnaan rambut
  •     Paparan air sadah termasuk kolam renang yang mengandung klor
  • Penyebab rambut bercabang bisa berupa penggunaan produk penata rambut yang berlebihan yang merusak rambut Kamu

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut yang bercabang. tenang saja, cara berikut ini aman untuk kamu lakukan sehingga tidak akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk pada rambut.

1. Kuning Telur

kuning telur

Menggunakan telur sebagai masker rambut adalah salah satu solusi terbaik dan paling efektif sepanjang masa. cara berikut ini membantu menyembuhkan rambut keriting dan membuatnya bersinar lebih sehat. Kuning telur selalu menjadi cara terbaik. telur memiliki jumlah protein yang cukup yang memperkuat helai rambut Kamu dan mencegah ujung rambut bercabang. Telur juga berfungsi sebagai pelembab dan kondisioner untuk rambut Kamu.

Bagaimana cara menggunakannya?

Lebih baik menggabungkan kuning telur dengan bahan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencampurkan kuning telur dengan masing-masing dua sendok makan minyak zaitun, minyak almond dan madu. Oleskan masker telur ini dan simpan selama kurang lebih 30-45 menit sebelum dibilas dengan air hangat .

2.  Madu

madu

Salah satu cara mengatasi rambut bercabang secara alami adalah dengan menggunakan Madu. Sejak dahulu, madu selalu menjadi penyembuh, memberikan keajaiban untuk menjaga kesehatan tubuh, rambut, atau kulit. Madu memiliki humektan, yang mencegah hilangnya kelembaban, sehingga menyelamatkan Kamu dari kulit kepala yang kering. Akibatnya, ini juga akan mencegah ujung bercabang karena memperkuat folikel rambut. Ini juga membantu menjaga kulit kepala rambut Kamu bersih karena sifat anti bakterinya.

Bagaimana menggunakannya?

Hanya menggunakan madu dan air bisa membuat rambut Kamu lengket dan berantakan. Cara yang lebih baik adalah menyiapkan masker rambut yang terdiri dari madu yang dicampur dengan dadih, minyak zaitun, dan kuning telur (opsional). Oleskan campuran ini pada rambut Kamu, termasuk kulit kepala, dan simpan selama sekitar 20-25 menit sebelum mencucinya. Cara mengatasi rambut bercabang yang satu ini sangat efektif. Kamu juga bisa mendapatkan bahannya dengan mudah.

3. Chamomile

chamomile

Chamomile adalah bahan yang bagus untuk mengatasi rambut kering dan kusut. Sifat antiseptiknya menghilangkan sel-sel mati agar rambut Kamu tumbuh dengan baik. Penggunaan kamomil secara teratur membantu mencegah ujung bercabang karena menjaga kulit kepala dan rambut tetap bersih.

Bagaimana cara menggunakannya?

Membilas rambut Kamu dengan baik dengan teh kamomil dapat menghasilkan rambut yang indah. Yang perlu Kamu lakukan hanyalah merendam dua kantong teh kamomil dalam air mendidih dan biarkan dingin. Setelah air mengeluarkan elemennya, bilas rambut Kamu menggunakan air ini. Kamu juga bisa menggunakan minyak chamomile untuk pijat.

BACA JUGA: 4 Tips Membuat Rambut Berkilau, Rambut Tampak Sehat!

By Intan