cara menghilangkan jerawat

Apakah kamu merasa sudah  mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat namun tak kunjung membuahkan hasil ? Jangan putus asa terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat berikut ini. Tenang saja, cara ini sangat aman untuk dicoba pada kulit kamu. Jadi, tak perlu khawatir soal efek dari penggunaan cara tersebut. Berikut adalah ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat menurut dokter kulit. Berikut ulasannya.

1. Jangan terlalu cepat ganti produk perawatan jerawat

acne

Menggunakan produk jerawat baru setiap beberapa hari mungkin tampak bermanfaat, tetapi pendekatan itu dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulit. Perawatan jerawat membutuhkan waktu untuk bekerja. Menggunakan produk yang berbeda setiap beberapa hari juga dapat mengiritasi kulit kamu, menyebabkan munculnya jerawat baru.

Jika pengobatan berhasil untuk kamu, kamu akan melihat beberapa perbaikan dalam 4 hingga 6 minggu. Diperlukan waktu dua hingga tiga bulan atau lebih untuk melihat hasilnya.

Jika kamu melihat peningkatan, tetap gunakan perawatan. Gonta ganti produk jerawat dapat menimbulkan masalah baru. Lebih baik sabar untuk melihat hasil dari produk perawatan yang sedang kamu gunakan. Ingatlah, bahwa tidak ada yang instan.

Namun, jika jerawat tak kunjung membaik, bahkan semakin parah, maka lebih baik langsung konsultasikan dengan dokter kulit.  Jika kamu memiliki jerawat yang parah, dokter kulit dapat memberikan cara perawatan terbaik yang akan membantu mengatasi masalah jerawat tersebut.

2. Cara menghilangkan jerawat: atasi penyebab jerawat

penyebab

Jika kamu tidak melihat peningkatan setelah 4 hingga 6 minggu,  kamu bisa menggunakan produk perawatan untuk mengatasi penyebab jerawat.

Ada berbagai penyebab yang menimbulkan timbulnya jerawat pada wajah, yakni bakteri, pori-pori yang tersumbat, minyak, dan peradangan dapat menyebabkan jerawat.

Tentu saja pengobatan kedua harus menyerang penyebab jerawat yang berbeda. Misalnya, jika kamu menggunakan perawatan jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, perawatan jerawat kedua harus mengandung bahan pembasmi jerawat lainnya. Untuk membantu kamu memilih produk lain, berikut beberapa bahan aktif yang berguna untuk menjadi cara menghilangkan jerawat yang ampuh:

  • Benzoyl peroxide mengurangi bakteri p. Acnes
  • Retinoid, seperti gel adapalen, membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi sifat berminyak
  • Asam salisilat meredakan peradangan dan membuka pori-pori

Kamu dapat membeli produk perawatan jerawat yang mengandung salah satu dari bahan-bahan ini cobalah 1 atau 2 produk secara teratur, dan beri produk tersebut waktu untuk bekerja. Mencoba terlalu banyak produk dapat membuat kulit kamu stres dan memperparah jerawat.

3. Cara menghilangkan jerawat: ikuti aturan pakai produk perawatan

Meskipun menggunakan produk perawatan jerawat bisa terlihat sangat mudah, seberapa banyak kamu menggunakannya dan seberapa sering kamu menggunakannya dapat membuat perbedaan besar. Pastikan untuk mengikuti petunjuknya. Jika dokter kulit membuat rencana perawatan kamu, ikuti instruksi dokter kamu dan gunakan semua yang termasuk dalam rencana perawatan dokter kulit kamu.

Hanya menggunakan beberapa perawatan jerawat yang diresepkan oleh dokter kulit kamu bisa menjadi alasan kamu masih berjerawat.

4. Basuh wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat

cuci muka

Kulit yang rentan berjerawat itu sensitif. Mencuci lebih dari dua kali sehari dapat mengiritasi kulit kamu, memperburuk jerawat. Untuk hasil terbaik, dokter kulit menyarankan untuk mencuci muka saat kamu:

  • Bangun tidur
  • Sebelum tidur

Saat wajah yang berkeringat

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Komedo yang Bisa Dilakukan di Rumah

By Intan