manfaat vitamin e untuk wajah

Vitamin E adalah nutrisi yang tubuh butuhkan untuk mendukung sistem kekebalan dan membantu sel beregenerasi. Vitamin ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membuatnya cukup penting untuk kesehatan. Namun, bukan hanya berguna untuk kesehatan, manfaat vitamin E untuk wajah juga sudah terkenal sejak lama. Memang apa saja sih manfaatnya, simak ulasan berikut ini. 

Manfaat Vitamin E untuk Wajah

manfaat vitamin e untuk wajah

Vitamin E paling umum karena manfaatnya bagi kesehatan dan penampilan kulit. Kamu bisa mengoleskannya pada wajah  untuk mengurangi peradangan dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Menggunakan minyak vitamin E pada wajah kamu dapat membantu dalam beberapa cara berbeda. Dan ingatlah, mungkin manfaat ini bisa berbeda pada setiap orang. 

1. Hiperpigmentasi

Bercak hitam pada kulit bisa karena terlalu banyak pigmen (melanin), yang dipicu oleh hormon atau penyebab lainnya. Kondisi ini dipercaya dapat lebih membaik melalui penggunaan vitamin E topikal.

Studi menunjukkan bahwa hiperpigmentasi mungkin dapat dipengaruhi oleh penggunaan minyak vitamin E. Cara paling efektif untuk menggunakan vitamin E untuk mengobati hiperpigmentasi adalah memasangkannya dengan vitamin C.

2. Mencegah penuaan dan kerutan di wajah 

kerutan

Manfaat vitamin E untuk wajah selanjutnya adalah mencegah tanda penuaan. Vitamin E tinggi akan antioksidan, dan mempengaruhi sirkulasi darah. Itulah mengapa orang-orang melihat perbedaan dalam kekencangan dan struktur kulit mereka setelah penggunaan minyak vitamin E.

Sebuah tinjauan tahun 2013 dari literatureTrusted Source memberitahu kita bahwa vitamin E dan bahan alami lainnya yang kaya antioksidan secara umum dapat kita gunakan sebagai pengobatan untuk mencegah tanda penuaan seperti keriput, juga disebut photoaging.

BACA JUGA: 5 Tips Memiliki Wajah Bersih, Gak Harus Mahal!

3. Mengobati jaringan parut jerawat

Beberapa orang percaya manfaat vitamin E untuk wajah sebagai pengobatan untuk jaringan parut jerawat. Namun, penelitian untuk memahami apakah vitamin E berfungsi untuk tujuan ini menunjukkan bahwa vitamin E tidak seefektif yang kita sangka selama ini.

Meskipun vitamin E benar-benar meningkatkan sirkulasi, tampaknya vitamin E tidak mempercepat penyembuhan. Itu berarti menggunakannya untuk bekas jerawat mungkin tidak memberikan hasil yang kamu inginkan.

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

4. Untuk bibir halus dan lembut

Selain untuk kulit wajah, minyak vitamin E topikal dapat kamu gunakan  untuk meredakan bibir kering dan pecah-pecah. Karena vitamin E mendorong pergantian dan regenerasi sel, menggunakannya pada bibir kering membawa sel-sel baru ke permukaan lebih cepat.

Konsistensi minyak vitamin E yang kental dan berminyak juga dapat mencegah iritasi lebih lanjut.

Kewaspadaan dan keamanan vitamin E

manfaat vitamin e untuk wajah

Vitamin E bukanlah obat yang efektif untuk semua orang. Jika kamu sering berjerawat atau memiliki pori-pori yang mudah tersumbat, mengoleskan minyak vitamin E topikal dapat memperburuk gejala pada kulit kamu.

Mengonsumsi suplemen vitamin E oral untuk jangka pendek aman bagi kebanyakan orang, tetapi mengkonsumsinya selama lebih dari setahun dapat menyebabkan vitamin E menumpuk di dalam tubuh. Terlalu banyak vitamin E dalam aliran darah dapat menyebabkan penurunan jumlah trombosit dan pengenceran darah.

Jika kamu sedang mengkonsumsi pengencer darah atau jika kamu mengalami gangguan pendarahan, bicarakan dengan dokter sebelum memulai suplemen oral vitamin E tersebut. 

BACA JUGA: Jarang Orang Tahu, ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

By Intan