manfaat minyak alpukat untuk kulit

Minyak alpukat merupakan sumber antioksidan, asam lemak esensial, mineral, dan vitamin yang sangat baik. Namun bukan hanya itu, ternyata minyak ini juga dapat bermanfaat baik untuk kulit. Lantas apa saja manfaat minyak alpukat untuk kulit dan cara menggunakannya? berikut ulansaanya. 

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit

manfaat minyak alpukat untuk kulit

Antioksidan dan agen anti-inflamasi dalam minyak alpukat membantu kulit tetap halus, kuat, dan elastis. Dilansir dari Healthline, Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan. 

  • menenangkan kulit yang gatal
  • menyembuhkan kulit pecah-pecah
  • mengatasi kulit kering
  • melembabkan kulit
  • melindungi kulit dari radiasi ultraviolet
  • melindungi dari kerusakan kulit
  • Manfaat minyak alpukat untuk kulit yang utama adalah menenangkan dan menambah kelembapan. Jika kulitmu berminyak, maka hasilnya belum tentu dapat maksimal.

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit Berdasarkan Penelitian

Para peneliti telah mendokumentasikan bagaimana minyak alami seperti minyak alpukat dapat memberikan manfaat bagi kulit. Minyak ini dapat berfungsi dengan baik, baik saat kamu menggunakan minyak alpukat saja atau mengkombinasikannnya. 

Minayk ini memiliki kandungan beta karoten, protein, lesitin, asam lemak, dan vitamin A, D, dan E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, melembabkan dan juga meningkatkan metabolisme kolagen. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa krim kulit topikal yang terdiri dari minyak alpukat, pohon teh, emu, dan jojoba memiliki efek antimikroba positif.

BACA JUGA: Efektif, Ini Manfaat Vitamin E untuk Wajah

Cara Menggunakan Minyak Alpukukat

manfaat minyak alpukat untuk kulit

Kamu dapat menggunakan minyak alpukat sebagai perawatan kulit dengan berbagai cara. Kamu bisa memijat minyak pada kulit. Bisa juga dengan mengoleskannya ke wajah seperti masker, atau menambahkannya ke lotion mandi. 

Berikut panduan untuk menggunakan minyak alpuket:

Sebagai lotion untuk kulit pecah-pecah: Pijatkan minyak alpukat dalam jumlah yang banyak ke kulit setelah mandi. Kamu bisa menggunakan minyak alpukat saja, atau tambahkan ke losion tubuh.

Sebagai pelembab minyak wajah: Isi 2/3 botol 1 ons dengan minyak alpukat. Ambil minyak lain seperti emu dan gunakan untuk mengisi sepertiga terakhir botol. Tambahkan tiga hingga empat tetesan minyak esensial favorit. Putar tutupnya dan kocok dengan baik. Tuangkan sedikit minyak buatan tersebut ke telapak tangan, oleskan jari ke dalam minyak, dan oleskan ke wajah. 

Sebagai masker wajah buatan sendiri: Potong alpukat matang menjadi kubus dan tambahkan sedikit minyak alpukat. Gunakan garpu atau sendok untuk menghaluskannya menjadi pasta yang rata. Oleskan pasta ke wajah dan biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Sebagai krim kulit anti penuaan alami: Campurkan 1/4 cangkir minyak alpukat dengan 2 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan lilin lebah, 1/2 sendok teh minyak vitamin E, dan 1 sendok makan Shea butter dalam toples kaca. Masukkan toples, tanpa tutupnya, ke dalam panci yang diisi air setinggi kira-kira empat inci. Didihkan. Aduk bahan saat meleleh di dalam toples. Setelah meleleh, tuangkan krim ke dalam toples yang lebih kecil dan diamkan hingga adonan mengeras. Tutup toples dan simpan krim di tempat dingin.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lemon untuk Kulit dan Efek Negatifnya

By Intan