profesi untuk hobi kuliner

Ada beragam profesi menarik untuk Anda yang gemar akan kuliner. Maksudnya bukan hanya makan ya, akan tetapi bagaimana membuat makanan atau menjadikan makanan tersebut lebih cantik. Beberapa profesi untuk hobi kuliner bahkan di bayar dengan sangat baik sehingga sangat setimpal untuk di lakoni.

Anda yang sangat tertarik dengan makanan biasanya akan belajar mencoba membuatnya, mencicipi menu baru, dan bahkan tertarik untuk belajar kuliner. Nah mungkin saja Anda memang hobi terhadap makanan dan bisa mengambil pilihan karir di bidang makanan untuk lebih di kembangkan. Profesi untuk hobi kuliner di antaranya:

1. Fotografer Makanan

profesi untuk hobi kuliner fotografer

Seorang food fotografer bertugas untuk memotret makanan yang ada untuk menjadi bahan promosi. Tentunya Anda tahu bahwa foto makanan yang sering ada di bahan promosi atau banner berasal dari karya fotografer makanan. Mereka sangat pantai membuat makanan yang tampilannya biasa saja menjadi cantik dan membuat perut lapar saat melihatnya. Untuk itulah profesi ini sangat di perlukan demi menunjang promosi.

2. Chef

Seorang chef pastinya harus menggemari makanan. Bagaimana mungkin kalau seorang ahli masak tidak mengerti akan bumbu dan citarasa. Bahkan seorang ahli masak juga harus mengerti tentang gastronomi dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dunia chef cukup kompetitif melihat perkembangan saat ini. Banyak chef di butuhkan untuk restoran, hotel, dan juga yang lainnya. Selain itu profesi sebagai celebrity chef mulai terkenal belakangan ini karena banyak ahli masak yang tampil di media televisi.

3. Kritikus Makanan

Menjadi kritikus makanan itu sederhana, meskipun tidak semua orang cocok untuk pekerjaan itu. Anda tidak hanya harus memiliki selera makanan yang baik, tetapi Anda juga harus menjadi penulis yang hebat untuk mempublikasikan temuan dan opini Anda tentang makanan kepada pembaca di seluruh dunia. Anda bisa menghasilkan banyak uang sebagai kritikus makanan danbahkan mungkin akan mendapatkan makanan gratis.

4. Sommelier

sommelier

Profesi ini biasanya ada di restoran-restoran mewah yang menyediakan minuman anggur (wine). Wine adalah jenis minuman beralkohol yang harganya cukup tinggi. Bahkan ada wine yang telah lama di fermentasi dan menjadi semakin mahal dan bercitarasa tinggi. Di sinilah fungsi seorang somelier yaitu untuk memasangkan antara jenis wine yang di jual dengan makanan yangdi pesan. angan anggap mudah. Seorang sommelier harus mengetahui citarasa wine dan juga mengerti rasa bahan makanan yang di hidangkan sehingga dapat menentukan wine yang cocok.

5. Food Stylist

Profesi ini merupakan sentuhan terakhirsebelum makanan di hidangkan. Setelah makanan matang, maka seorangfood stylist akan menata makanan tersebut di piring, hiasan apa yang cocok dengannya, piring jenis apa yang harusdi gunakan, hingga tata letaknya di atas piring. Pekerjaan food stylist sangat detail karena ingin makanan yang di sajikan terlihat menarik enak untuk di makan.

6. Pembuat Roti

baker

Roti juga merupakan sebuah makanan yang banyak di gemari oleh orang. Sebagai seorang pembuat roti anda harus tau bahan dan komposisi yang pas. Selain itu juga harus di perhitungkan cara memasaknya. Inti dari sebuah roti adalah bagian adonan sehingga teksturnya lembut dan tidak keras. Anda dapat bekerja di hotel, restoran, bahkan juga dapat membuka usaha sendiri.

7.Peneliti Makanan

Mungkin profesi ini terdengar jarang ada di Indonesia. Akan tetapi seorang peneliti makanan cenderung lebih ke akademis. Mereka meneliti kandungan baik dan buruk dalam sebuah makanan. Maka dari itulah profesi ini sangat di butuhkan. Di beberapa perusahaan, rumah sakit ada yang di namakan ahli gizi. Mereka bertugas untuk mengawasi gizi dan juga kandungan makanan yang di konsumsi. Misalnya saja penderita diabetes tidak mungkin di berikan gula yang akan memperparah kondisinya. Disinilah seorang peneliti makanan di perlukan.

By Mita