cara membuat kulit glowing

Komponen utama dari kulit yang sehat adalah kilau alami atau yang lebih terkenal dengan sebutan kulit glowing. Tetapi penyebab seperti kurang tidur, stres, usia, dan bahkan apa yang kamu makan dapat mempengaruhi kondisi kulit. Kabar baiknya adalah kamu dapat mengubah kulit yang terlihat kusam dan lelah menjadi bercahaya. Ikuti saja tips dari ahli kulit dan makeup ini sebagai cara membuat kulit glowing. 

1. Bersihkan secara teratur dan menyeluruh

cara membuat kulit glowing

Pastikan untuk membersihkan area wajah dari kotoran, minyak, dan partikel polusi secara menyeluruh yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Cuci wajah ketika pagi dan malam dengan memijat wajah dengan jari dalam gerakan melingkar. Cara ini diungkapkan oleh Kimiawan Senior GH Beauty Lab Sabina Wizemann.

membersihkan wajah secara teratur bukan hanya akan membuat kulit tampak lebih cerah tapi juga terhindar dari masalah kulit seperti jerawat.

2. Cara membuat kulit glowing dengan eksfoliasi kulit 

cara membuat kulit glowing

Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kilau baik secara langsung dan dalam jangka panjang adalah dengan eksfoliasi. Proses ini akan menghilangkan lapisan luar sel kulit mati sehingga permukaannya lebih halus dan jernih serta memantulkan cahaya.

Oleskan exfoliant fisik, seperti scrub wajah, dua hingga tiga kali seminggu. Kamu juga dapat menggunakan exfoliator kimiawi, seperti pengelupasan wajah, seminggu sekali untuk kulit sensitif atau kering dan maksimal tiga kali untuk jenis kulit lainnya. 

3. Hidrasi kulit dan gunakan tabir surya

Untuk mewujudkan kulit yang lebih bercahaya, ikuti dengan lapisan pelembab. Kulit yang lembab akan membuat wajah menjadi tampak lebih glowing, lho. Dan pastikan untuk melindungi kulit dengan tabir surya wajah atau krim siang SPF 30+ spektrum luas, karena pengelupasan kulit membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik hitam. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Jadi Pelembab Alami!

4. Carilah kandungan perawatan kulit yang berguna untuk mencerahkan wajah

produk kulit

Kamu bisa melihatnya pada keterangan yang ada dalam kemasan yang tercantum dalam serum dan pelembab. Atau kamu bisa melihat kandungan bahan perawatan kulit aktif yang produk tersebut gunakan, seperti:

Vitamin C, yang merupakan antioksidan yang mencerahkan kulit dengan memblokir enzim yang menghasilkan pigmen, kata ahli kimia GH Beauty Lab Danusia Wnek.

Niacinamide (vitamin B3) yang mampu memperlambat produksi pigmen untuk mencerahkan bintik-bintik gelap, lanjut kata Wizemann.

Selain itu ada juga kandungan Resorcinol dan alpha-arbutin memecah pigmen untuk warna kulit yang lebih merata, kata Cynthia Price, M.D., seorang dokter kulit di Phoenix. Dia menyarankan SkinBetter Science Even Tone Correcting Serum Face.

Penggunaan pencerah ini setiap hari dapat membuat kulit menjadi cerah dari waktu ke waktu. Efek dapat terlihat dalam beberapa minggu, dengan hasil optimal dalam waktu sekitar tiga bulan.

5. Cara membuat kulit glowing dengan melembabkan kulit secara teratur

pelembab

Jangan hanya sekali-sekali mengoleskan pelembab atau saat kulit terasa kering. Bahkan menurut  kata Jeanine Downie, M.D., dokter kulit di Image Dermatology di Montclair, New Jersey.  mengungkapkan kurangnya hidrasi membuat kulit menjadi kusam dan bahkan menonjolkan kerutan. Ia menambahkan “Oleskan pelembab topikal pagi dan sore hari untuk mengisi kembali hidrasi.”

Itulah beberapa cara membuat kulit glowing yang perlu kamu coba. Perlu kamu ingat membutuhkan waktu dan konsistensi untuk mewujudkan wajah yang cerah.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lemon untuk Kulit dan Efek Negatifnya

By Intan